Menkomaritim Optimis TdM 2017 Jadi Even Pariwisata Terkenal di Mancanegara | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Menkomaritim Optimis TdM 2017 Jadi Even Pariwisata Terkenal di Mancanegara

BERITA MALUKU. Menteri Koordinator Maritim (Menkomaritim), Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan lomba balap sepeda internasional Tour de Moluccas (TdM) akan berkembang menjadi salah satu event pariwisata berbasis olahraga bergengsi dan terkenal di mancanegara.

"Saya berkeyakinan di tahun-tahun mendatang Tour de Molucca akan berkembang menjadi sport tourism bergengsi di mancanegara, karena ditunjang besarnya potensi sumber daya alam maupun berbagai objek wisata bahari, sejarah dan budaya," kata Menko Luhut saat Grand Openning TdM dan melepas peserta Cycling for All, di Ambon, Minggu (17/9/2017).

Dia yakini jumlah peserta terutama dari mancanegara di tahun-tahun mendatang akan lebih meningkat dikarenakan nama besar Maluku atau "Moluccas" sangat populer dalam sejarah dunia sebagai negeri penghasil rempah-rempah di masa lalu.

Penyelenggaraan TdM tahun 2017 yang mulai berlangsung 18-22 September dengan rute melintasi tiga kabupaten dan Kota Ambon tersebut akan menjadi tolok ukur untuk penyelenggaraan lomba tersebut di tahun 2018 dan seterusnya.

Menko Luhut menilai kota Ambon maupun kabupaten lainnya di Maluku, kaya akan potensi pariwisata dan hanya tinggal dibenahi serta didorong dan dikelola secara optimal agar berkembang menjadi destinasi pariwisata unggulan di Indonesia maupun mancanegara.

Menteri menegaskan di sektor pariwisata akan menjadi salah satu sektor ungulan pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo akan menjadi penghasil devisa utama Indonesia di tahun 2019 dengan target devisa 20 miliar dolar AS atau naik dari tahun 2017 yang ditargetkan sebesar 10 miliar dolar AS.

"Jadi pemerintah saat ini tidak lagi mengandalkan sektor minyak dan gas (migas) sebagai penghasil devisa terbesar, tetapi dari sektor pariwisata. Pendapatan dari sektor migas hanya menduduki peringkat tiga dan peringkat pertama adalah pariwisata. Jadi kita genjot terus perkembangan sektor pariwisata di tanah air," katanya.

Luhut menilai, Kota Ambon saat ini kemajuannya sangat luar biasa, terutama kebersihan. Karena itu pemerintah ingin mendorong ibu kota provinsi Maluku tersebut menjadi lebih bagus dan memiliki daya tarik tersendiri terhadap peningkatan arus kunjungan wisatawan dalam maupun luar negeri.

Menurutnya, kebersihan merupakan kunci utama keberhasilan dan kemajuan sektor pariwisata di suatu daerah, termasuk penanganan sampah yang tidak dibuang sembarangan termasuk dibuang ke laut, akan berdampak menyebabkan gangguan kesehatan di masa mendatang.

"Masalah sampah plastik menjadi hal utama yang perlu ditangani karena menjadi isu global yang tidak bisa ditawar-tawar. Jika dibuang ke laut akan berdampak terhadap rusak dan hancurnya ekosistem laut serta berdampak terhadap kesehatan manusia," ujar Menteri.

Karena itu, menteri Luhut mengajak seluruh komponen bangsa di Ambon dan Maluku secara umum untuk dapat menjaga dan mengedepankan masalah kebersihan sebagai salah satu prasyarat utama pengembangan sektor pariwisata yang semakin maju di masa mendatang.

Gubernur Maluku, Said Assagaff memastikan ruas jalan yang akan dilewati oleh peserta lomba balap sepeda internasional yakni sepanjang 714 kilometer, telah diperbaiki dan dihotmix, sehingga diperkirakan lomba akan berjalan lancar dan aman.

"Enam bulan lalu ruas jalan yang akan dilalui di kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), Maluku tengah (Malteng) dan kota Ambon dalam kondisi rusak dan hancur, tetapi atas perintah Menko Kemaritiman dalam beberapa kali rapat koordinasi, maka saat ini semuanya sudah diperbaiki dan dihotmix," ujar Said.

Khusus pada etape V yang merupakan etape terakhir dan akan berlangsung pada Jumat (22/9), Gubernur menegaskan, semua ruas jalan akan ditutup selama empat jam sejak pukul 14.00 WIT hingga pukul 18.00 WIT.

"Karena itu saya telah mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi mendukung suksesnya penyelenggaraan event internasional ini, karena dampaknya sangat besar bagi kemajuan Maluku. khususnya di sektor pariwisata dalam beberapa tahun mendatang," ujarnya.

Gubernur memastikan seluruh rangkaian lomba balap internasional tersebut akan berjalan lancar serta menjadi tontonan dan hiburan bagi masyarakat maupun wisatawan nusantara dan mancanegara yang berkunjung di Maluku.

Menko Luhut Panjaitan bersama Gubernur Said Assagaff, Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Donny Munardo, Kapolda Maluku Irjen Pol Ilham Salahudin memanfaatkan kesempatan untuk bersepeda bersama peserta cycling for All yang merupakan rangkaian pembuka kegiatan Tour de Molucaa 2017 dengan start dari pendopo Gubernur Maluku dan melintasi sejumlah ruas jalan utama di Kota Ambon hingga finish di monumen Gong Perdamaian Dunia.

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Indeks

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang