Jelang Pilkada, ASN Diminta Tidak Memihak | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Jelang Pilkada, ASN Diminta Tidak Memihak

Bima Haria Wibisana
BERITA MALUKU. Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (PIlkada) serentak, baik itu pemilihan Gubernur - Wakil Gubernur Maluku, Wali kota - Wakil Wali kota Tual, Bupati – Wakil Bupati Maluku Tenggara, maka Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta untuk tidak berpihak kepada salah satu kandidat. Walaupun yang bertarung merupakan atasnya dalam pemerintahan.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) RI, Bima Haria Wibisana kepada wartawan di Ambon, Kamis (14/9/2017), menindaklanjuti laporan dari sejumlah pihak, bahwa ASN di Maluku sudah mulai menunjukan keberpihakan menjelang pesta demokrasi lima tahun ini.

“ASN harus netral, tidak boleh, memihak kepada siapapun,” ujarnya.

Dikatakan, keberpihak ASN tentu akan sangat mengganggu jalannya proses penyelenggaraan pemerintah serta pelayanan kepada masyarakat.

Sementara untuk ASN yang menjadi bakal calon kepala daerah, menurutnya harus mengundurkan diri setelah resmi mendaftar. Hal tersebut diatur dalam peraturan pemerintah nomor 53 tahun 2010.

“Kalaupun belum ada penetapan dari KPU silahkan saja, tapi kalau sudah mendaftar harus mengundurkan diri dan jika tidak maka akan diberhentikan dengan tidak hormat. Kalau mengundurkan diri, dia masih dapat pensiun, kalau diberhentikan dengan tidak hormat karena terkena sanksi disiplin maka dia tidak dapat pensiun. Jadi ASN harus berhati-hati, karena diatur dalam peraturan pemerintah dan undang-undang,” pungkasnya.
Pilkada Maluku 2340946366534673703

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang