Bupati Malteng Lepas 131 CJH, 4 Batal Berangkat | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Bupati Malteng Lepas 131 CJH, 4 Batal Berangkat

BERITA MALUKU. Bupati Maluku Tengah (Malteng), Tuasikal Abua, secara resmi melepas calon Jemaah Haji (CJH) tahun 2017 sebanyak 131, Kloter 14, Jum'at (4/8/2017), bertempat di pelataran Mesjid Raya Jl Pattimura, Masohi.

Pelepasan Calon Haji oleh Bupati ditandai dengan mengikat selendang kloter kepada ketiga ketua rombongan.

Tuasikal dalam sambutannya mengatakan, terlaksananya pemberangkatan Calon Jamaah Haji sebanyak 131, menandakan kondisi perekonomian disaerah ini tetap bergerak maju. 

"Pelaksanaan perjalanan menuju panggilan Allah oleh ratusan Calon jamah, menunjukan perekonomian daerah ini tetap baik dan terus bergerak maju ke arah yang positif, meskipun kadangkala terjadi fulktuasi pertumbuhan ekonomi yang diakibatkan oleh pengaruh kondisl ekonomi nasional dan global," ungkap Tuasikal.

Tuasikal juga berharap, jamah Haji yang akan berangkat ke tanah suci, sesampainya di sana, para jamaah hendaklah mendoakan Kabupaten berjuluk Pamahanu-Nusa itu, selalu membawa keselamatan dan kesejahteraan.

"Selaln itu, dengan keberangkatan jamaah Haji, tentu juga akan membawa kemaslahatan dan kesejahteraan bagi daerah ini. Karena saya yakin, setiap Calon Jamaah Haji selain mendoakan kebaikan bagi diri sendiri serta keluarga, pasti turut mendoakan masyarakat dan daerah ini agar selalu berada dalam lindungan Allah SWT, diberikan keberkahan," harapnya.

Tuasikal juga berpesan, agar para jamah yang nantinya bertemu dengan berbagai suku bangsa yang sama-sama melaksanakan ibadah haji, para jamaah Maluku Tengah selalu menunjukan sikap toleransi menghargai perbedaan.

"Hormati tradisi yang dimiliki bangsa lain. Karena sangat panting untuk Bapak-lbu memaknai kebesaran Allah SWT yang ditunjukkan melalui berbagai keragaman budaya dan karakter umat seluruh dunia dengan pikiran yang jernih dan hati yang bijak. Saya yakin, dengan pikiran yang jernih, selalu menjaga sikap yang baik dan santun seperti itu, tentu tidak hanya membenarkan nilai tambah dan amalan bagi setiap calon Jamaah haji dalam beribadah saja, akan tetapi dapat menjadi daya pikat bagi masyarakat di luar Maluku bahkan masyarakat luar negeri untuk berkunjung ke daerah ini. Saya juga berharap, para jamaah hendaklah menjaga kesehatan agar ibadah haji berjalan lancarm" tutupnya.

Kepala Kemenag Malteng, Japri Kabalmai yang juga selaku penanggung jawab haji Malteng menjelaskan, dari 135 Kuota Haji Maluku Tengah, hanya 131 yang dapat berangkat ke Tanah Suci. Karena dari 4 itu, 2 meninggal dunia setelah proses pendaftaran, 1 tidak dapat berangkat, sementara 1 mengundurkan diri karena sedang berduka hal ini  disampaikan .

"Tim penyelenggara baik secara nasional maupun daerah selalu berkoordinasi lintas sektoral. Tahun ini Kabupaten Malteng mendapat kuota 135 Jemaah dari tahun sbelumnya hanya 65 Jemaah. Berbagai hal telah dilaksanakan yaitu beberapa kegiatan sebagai bagian tugas penyelenggara seperti pemeriksaan kesehatan awal dan kesahatan kedua oleh tim medis bersama Kadis Kesehatan Maluku Tengah, dan terjadi beberpa kendala dimana 4 CJH tidak dapat ke tanah suci," kata Kabalmai.

Kabalmai menjelaskan, Rombongan haji Maluku Tengah terdiri dari 12 Regu, dikoordinir 3 orang ketua rombongan dan akan diberangkatkan pada kloter 13 Gelombang 1 pada hari Senin, 7 Agustus dari Makassar ke Makah.

sementara Untuk Rencana pemulangan Jemaah Haji yang sudah melaksanakan ibadahnya kata Kabalmai, mereka akan tiba di Makassar pada 17 - 19 September 2017, dan tiba di Masohi pada 20 September 2017.
Malteng 4961113760690519014

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Indeks

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang