Publikasi Buku Buru Selatan Dalam Angka 2017 Diharapkan Berkualitas | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Publikasi Buku Buru Selatan Dalam Angka 2017 Diharapkan Berkualitas

Syharoel Pawa
BERITA MALUKU. Bupati Buru Selatan (Bursel), Tagop Sudarsono Soulisa berharap, dengan dipublikasikan buku ''Buru Selatan Dalam Angka Tahun 2017'' oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Bursel, agar lebih berkualitas.

Demikian harapan Soulisa dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Bursel, Syharoel Pawa pada kegiatan Badan Pusat Statistik (BPS) yang berlangsung di aula Kantor Bupati Bursel, Senin (31/7/2017).

Kegiatan yang dibuka oleh Sekda Bursel ini, dihadiri Pimpinan BPS Bursel, sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), pegawai BPS serta puluhan ASN lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bursel.

''Dalam pelaksanaan pembangunan daerah, kebutuhan akan informasi yang lengkap, akurat dan terpercaya mutlak diperlukan,'' kata Pawa.

Apalagi lanjut Pawa, dalam tatanan kehidupan sekarang ini, data atau informasi merupakan kebutuhan pokok dalam perencanaan dan evaluasi suatu pembangunan, dimana sesuai dengan amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistim perencanaan pembangunan nasional pasal 31 yang menjelaskan bahwa, perencanaan pembangunan didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Sehubungan dengan kegiatan ini, pengumpulan dan diseminasi data tidak hanya dilaksanakan oleh BPS, namun juga oleh publikasi data tahun 2017 yang diselenggarakan oleh BPS Kabupaten Bursel.

Dijelaskan, sebagai organisasi perangkat daerah, pihaknya juga mempunyai tanggung jawab untuk menghasilkan data melalui kompilasi produk administrasi dari masing-masing instansi.

''Sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 16 tahun 1997 tentang statistik,'' ujar Pawa.

Dimana lanjut Pawa, tentunya data tersebut dapat dipertanggung jawabkan validitas dan reliabilitasnya. Bukan merupakan data main-main yang proses pengumpulannya dilakukan secara tidak benar,'' jelas Pawa.

Dijelaskan, perencanaan pembangun yang tepat sasaran dan dapat menjawab permasalahan di Kabupaten Bursel, sudah tentu memerlukan data berkualitas, relevan, berkesimbangunan dan terkini.

''Yang bersumber dari berbagai organisasi perangkat daerah maupun instansi vertikal se-kabupaten Bursel,'' sebutnya.

Dikatakan, dengan mempunyai data, Pemda Bursel dapat menentukan arah dan kebijakan pembangunan yang akan dilaksanakan.

''Data juga dapat kita gunakan sebagai indikator untuk menilai sejauh mana suatu pembangunan yang sedang kita laksankan telah berjalan,'' jelas Pawa.

Pawa berharap untuk tahun-tahun mendatang, BPS Kabupaten Bursel sebagai pelaksana penerbitan dapat terus meningkatkan kuantitas dan kualitas data yang dapat ditampilkan.

''Terutama terus menggali data-data penting lainnya yang belum tersedia. Tentunya disamping memperbaiki dan menyempurnakan data yang telah ada,'' harap Pawa.

Pawa juga berharap pada saatnya nanti dengan dipublikasikan buku ''Buru Selatan Dalam Angka Tahun 2017'' ini diharapkan dapat dipublis sesuai jadwal yang telah ditentukan dan data yang dipublikasikan lebih berkualitas.

''Sehingga dapat memenuhi kebutuhan para konsumen data,'' harapnya. (LE)
Daerah 2173477456731733735

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Indeks

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang