363 JCH Ambon Siap Diberangkatkan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

363 JCH Ambon Siap Diberangkatkan

BERITA MALUKU. Sedikitnya 363 jemaah calon haji (JCH) asal Kota Ambon yang merupakan kuota reguler siap berangkat untuk menunaikan ibadah di tanah suci pada Agustus 2017.

"JCH dijadwalkan sudah berada di embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan pada 5 Agustus 2017,"kata Kasi Urusan Agama Islam dan Penyelenggara Haji Kantor Kemenag Kota Ambon, Wahab Putuhena, di Ambon, Jumat (7/7/2017).

Itu berarti keberangkatan dari Ambon dijadwalkan pada 3 - 4 Agustus 2017.

Setelah di Makassar, maka tinggal menunggu jadwal keberangkatan ke tanah suci.

kegiatan bimbingan manasik untuk JCH Kota Ambon akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Begitu pula, bimbingan tiap kelompok agar JCH asal Kota Ambon setelah tiba di tanah suci bisa menunaikan ibadah haji dengan baik di sana, termasuk pengurusan paspor juga sudah tidak ada masalah.

Wahab menjelaskan, sebenarnya kuota haji untuk Kota Ambon tahun haji 2017 sebanyak 369 orang sesuai dengan pembagian kabupaten dan kota di Maluku.

Hanya saja, hingga batas pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) ternyata 36 orang JCH tidak melunasi.

"Nah, untuk menutupi 36 kuota tersisa itu Kankemenag Kota Ambon melaporkan hal itu ke Kanwil Kemenag Provinsi Maluku untuk ditindaklanjuti," katanya.

Hasilnya Kota Ambon kembali diminta untuk mengisi kuota itu dengan JCH usia lanjut (Lansia).

Setelah dilakukan pendaftaran sesuai kriteria bagi JCH Lansia yang sudah melakukan pendaftaran sejak tiga tahun lalu dan berumur 71 tahun tepat pada Juli 2017 terdapat 30 orang yang menyatakan siap berangkat.

Dengan demikian kuota terisi sebanyak 363 orang. Sedangkan enam orang sisanya pihak Kanwil Kemenag Provinsi Maluku membagi lagi ke kabupaten/kota lain.

"Jadi dapat di katakan bahwa kuota JCH asal Kota Ambon sebanyak 369 orang itu tetap terisi, walaupun enam orang lainnya diisi JCH dari kabupaten/kota lain di Maluku," tandas Wahab.
Ambon 837529547375483152

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang