Tim EFQR Lantamal IX dan Imigrasi Kelas I Ambon Jaring 42 WNA Philipina | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Tim EFQR Lantamal IX dan Imigrasi Kelas I Ambon Jaring 42 WNA Philipina

BERITA MALUKU. Tim  Eastern Fleet Quick Respone (EFQR) Lantamal IX, bekerjasama dengan Imigrasi Kelas 1 Ambon, berhasil menjaring dan mendata Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal di Desa Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

Hasil dari pendataan yang dilakukan selama dua hari dari tanggal 12 Juni 2017 dan 13 Juni 2017 tersebut, terdata sebanyak 42 WNA Asal Philipina yang tinggal di kawasan itu.

Kasubsi Pengawasan Kantor Imigrasi Kelas 1 Ambon, Andi Zulfikar Rasdin mengatakan, pendataan WNA dilakukan setelah mendapat informasi melalui surat beberapa waktu lalu dari Komandan Lantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono, S.E., M.Tr (Han), perihal dugaan adanya WNA Philipina yang tinggal di wilayah Ambon.

“Setelah mendapat informasi dari Danlantamal IX melalui surat, tentang dugaan adanya WNA Philipina di Desa Passo, selanjutnya Imigrasi Kelas 1 Ambon bersama Tim dari Lantamal IX turun ke lokasi dan melakukan pendataan terhadap WNA yang diketahui  seluruhnya berasal dari Philipina.” ujar Kasubsi Pengawasan.

"Mereka kita data, selanjutnya data yang didapat akan dilaporkan ke Dirjen Imigrasi di Jakarta untuk di tindak lanjuti dan di proses sesuai peraturan yang berlaku, bila terindikasi dan terbukti telah melakukan tindak pidana keimigrasian, mereka akan di Deportasi ke Negara asalnya."

Dikatakan, para WNA asal Philipina di Desa Passo ini, seluruhnya tinggal di rumah–rumah kost di pinggir pantai Desa Passo dan bekerja sebagai nelayan Ikan Tuna dengan menggunakan bodi–bodi (perahu) milik warga sekitar. Beberapa dari mereka juga sudah menikah dengan orang Indonesia.

Selain itu, WNA tersebut sering minum minuman keras dan membawa perempuan ke rumah sehingga meresahkan warga setempat. (DISPEN LANTAMAL IX)
TNI-Polri 3370217727733186334
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks