Penuhi Permintaan Masyarakat Maluku, Bulog Datangkan 10 Ton Bawang Putih | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Penuhi Permintaan Masyarakat Maluku, Bulog Datangkan 10 Ton Bawang Putih

BERITA MALUKU. Perum Bulog Divisi Regional Maluku mendatangkan 10 ton bawang putih guna memenuhi permintaan masyarakat Maluku saat ini.

"Kami datangkan bawang putih dari luar daerah sebanyak 10 ton dan diperkirakan hari Minggu (11/6) baru tiba di Ambon," kata Kepala Perum Bulog Divre Maluku Mahmud Hentihu di Ambon, Rabu (7/6/2017).

Sesuai rencana awal, katanya, sebetulnya pada Rabu, Kapal Meratus yang mengangkut bawang tersebut sudah tiba di Pelabuhan Ambon.

Namun, katanya, mengalami keterlambatan di Makasar sehingga kalau tidak ada halangan diperkirakana kapal tersebut masuk pada Minggu ((11/6).

Dia mengatakan persediaan bawang putih di Ambon memang agak berkurang sehingga memengaruhi harga di pasaran sejak awal Juni.

Oleh karena itu, pemerintah mengantisipasi dengan mendatangkan 10 ton bawang putih dari luar daerah.

"Mudah-mudahan dengan masuknya 10 ton bawang putih yang didatangkan Bulog Maluku bisa mengisi permintaan pasar hingga perayaan Idul Fitri sehingga masyarakat tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan bumbu masak tersebut," katanya.

Hasil pemantauan yang dilakukan Antara Ambon, Rabu, terlihat para pedagang mempertahankan harga jual bawang putih yang masih bervariasi mulai Rp55.000 hingga Rp60.000/kg, sedangkan bawang merah sedikit membaik, yakni Rp40.000/kg.

Wan (40), pedagang bawang putih di Pasar Mardika, mengakui kalau harga bawang di Pasar Ambon tidak merata, hal itu disebabkan pedagang lainnya tidak membeli dari satu orang agen, tetapi dari beberapa orang agen yang selama ini memasok dari daerah lain ke Ambon.

"Jadi kalau harga di tingkat agen berbeda-beda sudah pasti harga eceran juga di pasar berbeda," ujarnya.

Perbedaan harga seperti itu, katanya, sudah biasa. Hanya saja perubahan harga bawang putih saat ini bertepatan dengan Bulan Puasa dan menjelang Idul Fitri sehingga terjadi persoalan.

Dia mengatakan kondisi bawang juga tidak sama karena ada yang besar dan ada juga yang kecil.

Ia mengatakan perbedaan itu juga ikut memengaruhi harga jual.
Ekonomi 9199804856200263356

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# BERITA RAMADHAN

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang