Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini

GADGET adalah alat komunikasi modern yang memiliki fungsi khusus canggih serta praktis. Alat ini juga didefinisikan sebagai alat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus dengan unit kerja yang tinggi.

Hal yang membedakan gadget dengan teknologi yang lainnya adalah unsur kekinian. Artinya gadget selalu muncul dengan aplikasi-aplikasi yang terbaru mengikuti zaman yang ada, dan ini membuat masyarakat lebih tertarik dengan gadget karena praktis dan selalu menyajikan sesuatu yang baru setiap tahunnya, bahkan bisa setiap bulan.

Di zaman yang serba modern ini, perkembangan teknologi berkembang dengan sangat baik. Dikarenakan teknologi selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan yang juga semakin baik dari masa ke masa. Teknologi ini diciptakan untuk memudahkan manusia untuk mengakses berbagai infomasi dari dalam hingga luar negeri dan juga sebagai alat komunikasi yang praktis tanpa langsung bertatap muka dengan orang yang bersangkutan. Juga memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan yang memiliki nilai positif.

Walaupun demikian, disisi lain gadget juga mungkin sekali dibuat untuk hal-hal yang negatif. Berikut adalah dampak positif dan negatif penggunaan gadget :

1. Dampak positif

a. Menambah ilmu pengetahuan

Dengan adanya gadget yang dilengkapi dengan berbagai fitur media masa, anak dengan mudah mengakses berbagai informasi. Dimana pun dan kapan pun anak juga bisa mengakses internet serta memudahkan mengerjakan tugas sekolah mereka.

b. Mempermudah komunikasi

Gadget tekonologi yang canggih sehingga semua orang bisa berkomunikasi dengan cepat dan mudah. Contohnya saat ini sudah ada sosial media yang dilengkapi fitur Video call yang dengan mudah membantu berkomunikasi dengan keluarga yang sedang jauh. Dengan adanya fitur ini, kita tidak perlu bertatap langsung dengan mereka cukup menggunakan video call kita bisa secara langsung berkomunikasi dengan mereka.

c. Memperluas jaringan pertemanan

Dengan munculnya berbagai situs media sosial yang beragam seperti line, instagram, path, skype kita bisa menambah banyak teman walaupun itu hanya di dunia maya, kita bisa saling tukar informasi ataupun pengetahuan.

2. Dampak negatif


a. Resiko terkena radiasi

Menurut beberapa penelitian, anak kecil sangat rentan terkena radiasi dibanding orang dewasa. Gadget tidak hanya menimbulkan radiasi yang berbahaya namun pancaran sinar dari layar sangat membahayakan kesehatan anak. Mereka masih mengalami perkembangan sistem saraf sehingga sangat rentan terkena radiasi.

b. Kecanduan

Seperti halnya orang dewasa, anak-anak juga sangat beresiko kecanduan awalnya hanya bermain game saja, namun lama–kelamaan mereka sudah menemukan kesenangan tersendiri dengan benda tersebut sehingga menyebabkan anak tidak berminat berinteraksi dengan orang lain.

c. Lambat memahami pelajaran

Kebiasaan anak yang asyik dengan gadget akan berpengaruh terhadap kemampuan otak untuk mendapat informasi. Salah satunya ketika anak medapatkan pelajaran di sekolah mereka, sehingga sulit memahami apa yang disampaikan guru. Selain itu anak cenderung malas belajar serta membaca. Mereka lebih suka memainkan gadget sehingga prestasi menurun.

d. Resiko menyalahgunakan gadget

Orang tua saat ini harus benar–benar mengawasi anaknya saat bermain gadget jika tidak kemungkinan anak bisa mengakses situs yang tidak seharusnya, contohnya situs pornografi. Ini bisa membuat anak salah jalan, kecanduan dan mereka akan sering melakukan hal–hal yang menyimpang.

Sebenarnya banyak solusi untuk menanggulangi atau mengatasi berbagai dampak negatif dari penggunaan gadget tersebut. Peran orang tua sangatlah penting untuk mengatasi hal ini. Berikut beberapa cara menanggulangi dampak negatif gagdet pada anak :

1. Hindari memperkenalkan gadget pada anak usia dini

Gadget sebaiknya diperkenalkan pada anak ketika sudah mengerti dan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Jangan memperkenalkan pada anak usia yang masih terlalu dini karena bisa berdampak terhadap kesehatan dan tumbuh kembangnya.

2. Berikan pemahaman pada anak

Berikan pengarahan supaya anak tidak menggunakan gagdet dalam waktu yang lama nasehati secara perlahan dan jangan memaksanya untuk menghidari gadget karena akan membuat anak semakin penasaran.

3. Jadilah contoh yang baik

Jangan hanya melarang namun, anda juga harus menjadi contoh yang baik bagi anak. Ketika dirumah sebaiknya anda jangan terlalu lama atau terlalu asyik bermain gadget. Karena hal itu akan ditiru oleh anak sehingga secara perlahan akan menjadi kebiasaan yang terus berlanjut hingga dewasa.

4. Jangan terlalu memanjakan anak

Semakin anda memanjakan anak, semakin ia akan berbuat seenaknya. Dengan demikian anda harus tetap membatasi penggunaan gadget ini memanjakan boleh asal jangan terlalu berlebihan.

Demikian beberapa poin penting untuk mengatasi dampak negatif yang kemungkinan terjadi pada anak. Perhatian dan memberi penjelasan pada anak adalah kunci utama untuk menghindari kecanduan.

Ditulis Oleh: Adilla zenara nafisa
Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Malang
Aneka 5383987296621845306

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Indeks

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang