Harga Cengkih di Ambon Bergerak Turun | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Harga Cengkih di Ambon Bergerak Turun

BERITA MALUKU. Harga cengkih hasil petani Provinsi Maluku bergerak turun dari Rp118.500 menjadi Rp115.000 kilogram di tingkat pedagang dalam Kota Ambon.

Di pertokoan kompleks Pasar Mardika Ambon, Senin (19/6/2017) pedagang mulai menurunkan harga beli dari para petani hingga mencapai Rp115.000/kg, sedangkan hasil perkebutuhan lainnya seperti biji pala bundar harganya masih tetap normal.

Inang pengumpul yang biasanya membeli cengkih petani di Pulau Buru ketika ditemui di toko miliknya di Pasar Mardika mengatakan, hasil pembelian yang dilakukan di Namlea (Pulau Buru) belum akan dijual sebab harga cengkih bergerak turun.

"Saya belum mau jual, sudah pasti beberapa hari kedepan akan turun lagi sebab para pengusaha kelas atas sudah paham betul situasi, apalagi menjelang lebaran banyak petani yang membutuhkan uang tunai, dengan sendirinya mereka tetap menjual hasil panen mereka," katanya.

Karena itu, lanjutnya, hasil pembelian yang dilakukan di Namlea sebanyak dua ton belum mau dijual, sabar-sabar dulu mungkin selesai lebaran ada perubahan harga naik.

Iwan, pembeli di kawasan pasar Batumerah ketika di konfirmasi juga mengakui bahwa sekarang ini harga sejumlah hasil perkebunan daerah ini turun di pasar utama Surabaya.

"Kami selalu memantau perkembangan harga diSurabaya, sebab hasil pembelian di Ambon dijual lagi ke Surabaya, jadi harus terus memantau agar tidak merugi," ujarnya.

Dia mengatakan, perapan harga hasil perkebunan Maluku hampir semua sama ditingkat pembeli yang ada di Kota Ambon sebab hasil pembelian dijual lagi ke Surabaya.

"Saya beli cengkih dengan harga Rp115.000/kg, biji pala bundar Rp60.000/kg, yang sedikit keriput dipatok Rp55.000/kg dan fuli Rp120.000/kg, harga ini sudah pasti sama di tempat transaksi lain yang ada di Kota Ambon, sebab hasil pembelian di Ambon dijual ke Surabaya," ujarnya.

Sebenarnya menghadapi hari-hari menjelang lebaran, lanjutnya, patokan harga cengkih yang ada sekarang ini sudah cukup baik sebab tidak turun di bawah angka Rp100.000.
Ekonomi 5232474605957271697

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# BERITA RAMADHAN

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang