Mendagri Telah Terbitkan SK Empat Kepala Daerah Maluku yang Akan Dilantik 22 Mei | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Mendagri Telah Terbitkan SK Empat Kepala Daerah Maluku yang Akan Dilantik 22 Mei

BERITA MALUKU. Mendagri Tjahjo Kumolo telah menerbitkan surat keputusan empat kepala daerah di Maluku yang akan dilantik gubernur setempat, Said Assagaff di Ambon pada 22 Mei 2017.

"SK Mendagri sudah diterbitkan. Jadi tinggal menunggu salinan SK saja dan pelantikan tetap pada 22 Mei 2017," kata Karo Pemerintahan Setda Maluku, Elvis Patiselano yang dikonfirmasi, Kamis (18/5/2017).

Elvis yang sedang berada di Jakarta untuk mengambil salinan SK Mendagri tersebut mengemukakan, paling terlambat Jumat (19/5) salinan putusannya sudah diterimanya.

"Jadi tidak ada masalah lagi untuk pelantikan empat kepala daerah di Maluku hasil Pilkada pada 15 Februari 2017. Apalagi, bila salinan SK Mendagri sudah diterima dan dia dijadwalkan kembali ke Ambon pada Sabtu (20/5) dinihari," ujarnya.

Elvis mengakui, Mendagri Tjahjo Kumolo juga telah mengirimkan radiogram kepada Gubernur Said untuk mempersiapkan pelantikan empat kepala daerah tersebut.

"Radiogram Mendagri ini menindaklanjuti pengusulan yang diajukan masing-masing DPRD empat kabupaten/kota yang diteruskan Gubernur Said pada pekan ketiga April 2017," katanya.

Empat daerah yang diusulkan adalah Kota Ambon, kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), kabupaten Buru dan kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).

Jabatan bupati/wakil bupati maupun wali kota/wakil wali kota di empat daerah itu telah berakhir sehingga sementara dipimpin masing-masing penjabat.

Penjabat Wali Kota Ambon adalah Frans Papilaya dilantik pada 4 Agustus 2016 karena merupakan akhir masa jabatan wali kota dan wakil wali kota, Richard Louhenapessy-MAS Latuconsina.

Keduanya mengikuti Pilkada pada 15 Februari 2017, tetapi tidak lagi berpasangan.

Penjabat Bupati SBB Ujir Halid dilantik pada 13 September 2016 karena berakhirnya masa jabatan Jacobus Fredrik Puttileihalat- Muhammad Husni.

Penjabat Bupati Buru, Ismael Usemahu dilantik pada 2 Februari 2017 menggantikan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Juhana Soedradjat yang sebelumnya adalah wakil bupati setempat dengan bupatinya, Ramly Umasugi.

Sedangkan, Penjabat Bupati MTB Romelus Far-Far dilantik pada 17 April 2017 karena berakhirnya masa jabatan Bitzael Temmar- Petrus Werembinan Taborat pada 16 April 2017.

Elvis mengakui, sebenarnya Kabupaten Maluku Tengah juga menyelenggarakan Pilkada pada 15 Februari 2017 dengan petahana, Tuasikal Abua-Marlattu Leleury menghadapi kotak kosong karena pasangan calon tunggal.

"Masa jabatan pasangan 'TULUS' berakhir pada 19 September 2017 sehingga belum diproses ke Mendagri, kendati telah ditetapkan KPU Maluku Tengah sebagai pemenang Pilkada," tegasnya.

KPU kota Ambon telah menetapkan wali kota dan wakil wali kota, Richard Louhenapessy-Syarif Hadler (PAPARISSA BARU). KPU MTB menetapkan Petrus Fatlolon-Agustinus Utuwaly (FATWA).

Sedangkan, KPU Buru menetapkan Ramli Umasugi-Amustafa Besan (RAMA). KPU SBB menetapkan Yasin Payapo-Timotius Akerina (YAKIN). KPU Maluku Tengah menetapkan Tuasikal Abua-Marlattu Leleury (TULUS).
Pilkada Maluku 277201218324534593
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks