Kodam Pattimura Sosialisasi Bahaya Merkuri di Desa Iha dan Luhu | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Kodam Pattimura Sosialisasi Bahaya Merkuri di Desa Iha dan Luhu

BERITA MALUKU. Kodam Pattimura bersama Pemerintah Seram Bagian Barat (SBB), menggelar kegiatan Sosialisasi Bahaya Merkuri kepada masyarakat Desa Iha dan Luhu, Kecamatan Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Jumat (19/5/2017) bertempat di Pos Satgas Perbatasan (Yonif 726/Tamalatea) kedua desa tersebut.

Sosialisasi ini merupakan gerakan agar masyarakat hidup sehat, terutama soal dampak bahaya merkuri bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat yang berada di wilayah itu.

Pangdam dalam amanat yang dibacakan oleh PA Ahli Bidang Hukum dan Humaniter, Kolonel Inf Masduki dihadapan ratusan warga Desa Iha dan Luhu mengatakan, bahwa sosialisasi ini dijadikan sebagai momentum dan media sharing dalam menyampaikan permasalahan tentang bahaya penggunaan Merkuri.

Pakar kesehatan yang juga Ketua Tim Sosialisasi, Dr.Yosep William mengatakan, bahwa Indonesia merupakan penyumbang terbesar pencemaran merkuri, dan salah satu Negara dengan pencemaran merkuri tertinggi di Asia Tenggara.

"Pada Tahun 2005 terindikasi 5000 VVM meningkat dua kali lipat pada tahun 2010 menjadi 10.000 VVM. Untuk itu Kodam Pattimura dengan Program Emas Biru dan Emas Hijaunya merupakan solusi masalah bahaya merkuri ini. Selain lebih nyaman dan Maju, hasil laut dan pertanian dapat melimpah sehingga mampu menunjang ekonomi masyarakat tanpa harus menambang," kata William.

Untuk diketahui, Merkuri atau air raksa (Hg) merupakan salah satu jenis logam yang banyak ditemukan di alam dan tersebar dalam batu-batuan, biji tambang, tanah, air dan udara sebagai senyawa anorganik dan organik.

Merkuri yang ada di dalam tanah, air, dan udara relatif rendah. Berbagai jenis aktivitas manusia yang dapat meningkatkan kadar merkuri menjadi tinggi, misalnya aktivitas penambangan yang dapat menghasilkan merkuri sebanyak 10.000 ton per tahun. Pekerja yang mengalami kontak dengan merkuri dapat menderita berbagai jenis penyakit yang membahayakan.Batu cinabar (Dragon Blade Stone) merupakan bahan pembuat merkuri.Pembuangan merkuri terbesar berasal dari tambang emas rakyat lokal.Contohnya penambangan emas di Gunung Botak dan Gunung Gogorea yang mencapai 6 Ton.

Adapun risiko bahaya merkuri yang mengganggu kesehatan seperti penggunaan merkuri pada kosmetika kini terbukti berbahaya dan dilarang di berbagai negara. Merkuri bersifat korosif pada kulit. Hal Ini berarti mengoleskan merkuri pada kulit akan membuat lapisan kulit semakin menipis.

Selain itu, merkuri juga berisiko mengganggu berbagai organ tubuh, seperti otak, jantung, ginjal, paru-paru, dan sistem kekebalan tubuh. Merkuri tidak hanya akan berdampak kepada orang dewasa. Bayi dan anak merupakan golongan yang juga tidak luput dari risiko dampak merkuri dan efek sampingnya.Pencemaran lingkungan akibat merkuri pernah terjadi di Kepulauan Seribu , banyak anak dibawah 3 tahun meninggal.

Pada Lingkungan Perairan yang telah tercemar logam berat merkuri bukan hanya membahayakan komunitas biota yang hidup dalam perairan tersebut, tetapi juga akan membahayakan kesehatan manusia. Hal ini karena sifat logam berat yang persisten pada lingkungan, bersifat toksik pada konsentrasi tinggi dan cenderung terakumulasi pada biota.Dampak merkuri tidak terasa langsung namun muncul setelah 5-10 Tahun mendatang.

Turut Hadir pada sosialisasi ini PA Ahli Pertahanan Negara Kolonel Inf Pramungkas, LO Al Kolonel Laut Azwar, Asisten Territorial Kodam XVI/Pattimura, Kolonel Inf Ali Aminudin, Sekda Kabupaten SBB, Manshur Tuharea, Dandim 1502/Masohi, Letkol Inf Ahmad Fikri Dalimunthe, Kapolres Kabupaten SBB, Akbp Agus Setiawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten SBB, Alfin Tuasun dan Kepala Dinas PU Kabupaten SBB, Thomas Wattimena.(Pendam16)


TNI-Polri 2328413850636383262
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks