Disperindag Malteng Intensif Pantau Bahan Pokok | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Disperindag Malteng Intensif Pantau Bahan Pokok

Kace Pattiasina
BERITA MALUKU. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Maluku Tengah mengintensifkan pemantauan bahan pokok masyarakat, baik menyangkut stok maupun harga.

"Pemantauan ini dilakukan dua kali sepekan sehingga bisa diketahui kondisi, baik stok maupun harga bahan pokok di pasaran agar tidak meresahkan masyarakat," kata Kadis Perindag Maluku Tengah, Kace Patiasina yang dihubungi dari Ambon, Rabu (10/5/2017).

Karena itu, bukan berarti menjelang pelaksanaan Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriah barulah pemantauan diintensifkan karena ini merupakan program Disperindag Maluku Tengah pada beberapa tahun terakhir ini.

Apalagi, stok bahan pokok masyarakat yang ada saat ini mampu mencukupi lebih dari 400.000 jiwa penduduk Maluku Tengah tersebar di 172 desa dan enam kelurahan hingga dua bulan kedepan.

"Jadi stok bahan pokok masyarakat, terutama bagi basudara (saudara) beragama Islam menunaikan Bulan Suci Ramadhan maupun perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah terjamin," ujar Kace.

Disperindag Maluku Tengah juga intensif berkoordinasi dengan para distributor maupun penyalur bahan pokok masyarakat sehingga stok bahan pokok masyarakat terjamin.

Minimal dua pekan menjelang kegiatan keagamaan para distributor sudah memasok bahan pokok masyarakat dari sentra produksi.

Dia mengakui, telur yang biasa dipasok dari Surabaya, Jawa Timur maupun Makassar, Sulawesi Selatan sering mengalami kekurangan bila terlambat dipasok dari dua daerah tersebut.

"Jadinya, distributor sering diingatkan memasok lebih awal karena kebutuhan, terutama untuk membuat aneka kue itu dibutuhkan di seluruh Indonesia sehingga mempengaruhi stok dan harga yang masih dalam tahap kewajaran," katanya.

Khusus untuk beras, dia menjelaskan, para petani di dataran Pasahari, Seram Utara, memproduksinya dengan kapasitas masih terbatas.

"Hanya saja di Maluku Tengah tersedia subsitusi karbohidrat lainnya seperti sagu dan umbi-umbian yang biasa dikonsumsi masyarakat," tandas Kace.
Malteng 5454951918931243349

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang