22 Mei, Empat Kepala Daerah di Maluku Dilantik | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

22 Mei, Empat Kepala Daerah di Maluku Dilantik

BERITA MALUKU. Gubernur Maluku, Said Assagaff siap melantik empat kepala daerah hasil Pilkada serentak kelompok kedua pada 22 Mei 2017.

Karo Pemerintahan Setda Maluku, Elvis Patiselano, dikonfirmasi, Jumat (12/5/2017) mengatakan, kesiapan Gubernur Said ini menindaklanjuti radiogram dari Mendagri Tjahjo Kumolo beberapa waktu lalu.

"Jadi surat keputusan Mendagri sedang disiapkan. Namun, radiogram Mendagri sudah menjamin bahwa pelantikan empat kepala daerah di Maluku," ujarnya.

Elvis mengakui, radiogram Mendagri itu menindaklanjuti pengusulan yang diajukan DPRD empat kabupaten ke Mendagri yang dteruskan Gubernur Said pada pekan ketiga April 2017.

Empat daerah yang diusulkan adalah Kota Ambon, kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), kabupaten Buru dan kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).

"Keempat daerah ini ternyata, baik Bupati - Wakil Bupati maupun Wali Kota - Wakil Wali Kota telah berakhir masa jabatannya sehingga sementara dipimpin Penjabat," kata Elvis.

Kota Ambon Penjabat Wali Kota adalah Frans Papilaya dilantik pada 4 Agustus 2016 karena merupakan akhir masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Richard Louhenapessy - M.A.S. Latuconsina.

Keduanya mengikuti Pilkada pada 15 Februari 2017, tetapi tidak lagi berpasangan.

Penjabat Bupati SBB, Ujir Halid dilantik pada 13 September 2016 karena berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati, Jacobus Fredrik Puttileihalat - Muhammad Husni.

Penjabat Bupati Buru, Ismael Usemahu dilantik pada 2 Februari 2017 menggantikan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati, Juhana Soedradjat yang sebelumnya adalah wakil Bupati setempat dengan Bupatinya, Ramly Umasugi.

Sedangkan, Penjabat Bupati MTB, Romelus Far -Far dilantik pada 17 April 2017 karena berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati setempat, Bitzael Temmar - Petrus Werembinan Taborat pada 16 April 2017.

Elvis mengakui, sebenarnya kabupaten Maluku Tengah juga menyelenggarakan Pilkada pada 15 Februari 2017 dengan petahana, Tuasikal Abua - Marlattu Leleury menghadapi kotak kosong karena pasangan calon tunggal.

"Masa jabatan pasangan 'TULUS' berakhir pada 19 September 2017 sehingga belum diproses ke Mendagri, kendati telah ditetapkan KPU Maluku Tengah sebagai pemenang Pilkada," tandasnya.

Catatan ANTARA, KPU kota Ambon telah menetapkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Richard Louhenapessy - Syarif Hadler (PAPARISSA BARU).

KPU MTB menetapkan Bupati dan Wakil Bupati, Petrus Fatlolon - Agustinus Utuwaly (FATWA). KPU Maluku Tengah menetapkan Bupati dan Wakil Bupati, Tuasikal Abua - Marlattu Leleury (TULUS). KPU Buru menetapkan Bupati dan Wakil Bupati, Ramli Umasugi - Amustafa Besan (RAMA). KPU SBB menetapkan Bupati dan Wakil Bupati, Yasin Payapo - Timotius Akerina (YAKIN).
Pilkada Maluku 737237610548763121

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang