Pemkot Ambon Usulkan Formasi CPNS Jalur Umum 2017 | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemkot Ambon Usulkan Formasi CPNS Jalur Umum 2017

BERITA MALUKU. Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mengusulkan formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jalur umum tahun 2017 ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kepala Badan Kepegawaian Kota Ambon Benny Selanno menyatakan, setiap tahun Pemkot Ambon kehilangan kurang lebih 200 ASN yang memasuki masa pensiun, sehingga perlu mengajukan permintaan penambahan ke pemerintah pusat.

"Tahun 2017 kita telah mengusulkan formasi CPNS ke BKN dan Kemenpan-RB untuk dilakukan penambahan ASN baru sebanyak 300 orang melalui jalur umum," katanya di Ambon, Kamis (20/4/2017).

Menurut dia, usulan formasi melalui jalur umum bukan honorer katrgori dua (K2),karenatidak semua tenaga honorer K2 miliki spesifikasi ilmu yang saat ini sementara dibutuhkan Pemkot Ambon.

Usulan formasi CPNS tahun 2017 jumlahnya lebih banyak dibandingkan 2016, karena kebutuhan setiap SKPD berbeda dan membutuhkan banyak pegawai. Jumlah yang diajukan ini tidak diangkat sekaligus, tetapi secara bertahap yakni untuk tenaga medis, pendidikan, teknik maupun administrasi.

"Saat ini cukup banyak jabatan kosong karena sejumlah ASN yang telah memasuki masa pensiun, ditambah lagi dengan pembentukan SKPD baru. Pengangkatan tersebur akan diseuaikan dengan kemampuan daerah yakni secara bertahap," ujarnya.

Benny menjelaskan, penerimaan CPNS tersebut sesuai dengan kebutuhan karena perubahan nomenklatur dalam struktur pemerintahan sehingga ada SKPD baru.

Perubahan nomenklatur mewajibkan setiap daerah harus memasukan formasi kepada pemerintah pusat.

"Penerimaan akan dilakukan bertahap dalam empat tahun kedepan, mulai dari tahun 2017. Sebanyak 200 lebih jumlah yang diusulkan Pemkot Ambon ke pusat," katanya.

Diakuinya, penerimaan yang dilakukan pada 2017 melalui formasi umum, sehingga siapa saja bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi penerimaan CPNS.

"Pengusulan yang dilakukan setelah melalui kajian kebutuhan SKPD mana saja yang membutuhkan terutama untuk tenaga teknis," tandasnya.

Benny mengemukakan, tenaga-tenaga teknis yang dibutuhkan Pemkot Ambon untuk ditempatkan pada SKPD yang minim tenaga diantaranya hukum, IT dan dokter.

Sebanyak lima tenaga dokter PTT serta lima penyuluh pertanian tahun 2017 ini juga akan diangkat menjadi ASN Pemkot Ambon. Total seluruhnya sebanyak 10 orang yang akan diangkat jadi ASN pemkot, setelah menjalani seleksi di tahun 2016.
Ambon 707137161239908196

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang