DPRD Malteng Minta Pemerintah Negeri Laporkan Pengelola Merkuri ke Pihak Berwajib | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

DPRD Malteng Minta Pemerintah Negeri Laporkan Pengelola Merkuri ke Pihak Berwajib

BERITA MALUKU. Dugaan produksi merkuri di Negeri Assilulu, Kecamatan Lehitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), akhir-akhir ini menjadi perbincangan, sehingga meresahkan masyarakat setempat. Hal itu mendapat perhatian serius pemerintah Maluku Tengah.

DPRD Malteng dan Pemda Malteng dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup, telah meninjau langsung lokasih yang diduga jadi tempat produksi merkuri, pada Jum'at (7/4/2017) kemarin.

DPRD tercengang melihat fasilitas produksi merkuri yang tersedia, tapi tidak ada papan nama perusahaan.

"Kita sudah tinjau lokasih bersma kadis lingkungan hidup. Saya sudah kordinasi dengan kadis lingkungan hidup untuk memanggil yang bersangkkutan terkait dampak lingkungan," tandas Ketua DPRD Malteng, Ibrahim Ruhunussa saat dihubungi Berita Maluku Online, Sabtu (8/4/2017).

Ruhunussa menegaskan kepada pemerintah Negeri dalam Hal ini Penjabat, agar melaporkan pihak yang bertanggung jawab terkait produksi merkuri ke pihak berwajib.
"Terkait prduksi merkuri yang bisa berdampak terhadap lingkunggan ini, kita sudah minta penjabat untuk menyurati dan melaporkan secara resmi ke kepolisian untuk di polis line, agar pihak berwajib bisa melakukan peneriksaan," tegas Ruhunussa.

Sedangkan terkait izin pertambangan dalam aktifitas tersebut tambah Ruhunussa, menjadi kewenangan Provinsi.

"Ijin pertambangan itu merupakan kewenangan Provinsi. Entah nanti langkah apa yang dilakukan oleh Pemprov," terangnya. 

sementara terkait dengan permintaan melaporkan pihak yang memproduksi merkuri, kepala Pemerintah Negeri dalam hal ini Penjabat Negeri Asilulu, Ali Mahulette, mengaku akan bangun koordinasi dengan Lingkungan Hidup di Masohi.

"Terkait dengan permintaan ketua DPRD, kami akan menindaklanjuti, tapi saat ini kami sedang membangun koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup," kata Mahulette.
Malteng 5532410043130426026

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang