DD untuk 30 Desa di Ambon Belum Disalurkan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

DD untuk 30 Desa di Ambon Belum Disalurkan

BERITA MALUKU. Dana Desa (DD) untuk 30 desa dan negeri di kota Ambon hingga kini belum bisa disalurkan karena uangnya belum masuk ke kas daerah.

"Anggaran DD dari pusat belum dicairkan ke kas daerah, makanya jatah 30 desa atau negeri belum bisa disalurkan," kata staf Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindfungan Anak, Masyarakat dan Desa, Pemkot Ambon, Weldon Mawengkang, Senin (10/4/2017).

Pernyataan tersebut disampaikan saat mengikuti rapat dengar pendapat dengan Tim Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Kota Ambon yang dipimpin Wakil Ketuanya, Max Patiapon.

"Kita menunggu saja karena bila sudah cair akan ditransfer ke masing-masing rekening kas desa atau negeri penerima," ujar Weldon.

Dia mengatakan, proses pencairan DD juga ada dua persyaratan khusus yang harus dilaksanakan yakni APB Desa tahun 2017 sudah harus ditetapkan berdasarkan peraturan desa atau negeri.

Selanjutnya, laporan pertanggungjawaban desa atau negeri tahun anggaran 2016 juga harus dimasukan terlebih dahulu barulah uang DD tahun anggaran 2017 bisa ditransfer kalau sudah ada di kas daerah.

Weldon mengisyaratkan, kemungkin saja desa atau negeri, lanjutnya, saat ini sudah selesai membuat tahap rancangan dan tinggal penetapan saja. Sebab pada bulan Maret 2017 kita sudang mengundang pihak BPKP dan juga mengumpulkan semua penerintah desa guna membuat pelatihan membuat rangcangan yang sesuai dengan aturan.

... mengatakan dana desa tahun 2017 sudah rincikan masing-masing desa dengan besarannya, tinggal pencairannya saja bersama dengan anggaran dana desa atau negeri (ADD), sebab pada saat transfer DD maupun ADD bersamaan sebab masuk dalam satu paket.

"Tetapi nomor rekeningnya berbeda, walaupun waktunya bersamaan, jadi masing-masing mempunyai nomor kerening, jadi tidak menjadi satu," ujarnya.

Oleh karena itu, kita tunggu saja, lanjutnya, sebab dana desa ini belum masuk ke kas daerah dari dana desa pusat di jakarta.

Sekretaris Kota Ambon, Anthony Gustaf Latuheru yang di konfirmasi beberapa waktu lalu terkait pencairan dana desa mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menargetkan proses penyaluran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD) dilaksanakan April 2017.

"Kami targetkan bulan April APBdesa dan negeri di Ambon telah siap sehingga pencairan dana desa dan ADD tahap pertama dapat disalurkan, atau maksimal awal Mei sehingga waktu pemanfaatan anggaran dapat dikelola dengan baik," ujarnya.

Menurut dia, anggaran dana desa kota Ambon mengalami peningkatan di tahun 2017 sebesar Rp28,4 miliar atau mengalami peningkatan sebesar Rp6,8 miliar dibandingkan tahun 2016 sebesar Rp21,6 miliar.

"Tahun 2017 kota Ambon akan menerima anggaran dana desa sebesar Rp28.4 miliar atau meningkat 20 persen dibandingkan tahun 2016 sebesar Rp21,6 miliar," ujarnya.

Dana desa tahun 2017 kata Anthony, akan disalurkan dalam dua tahap yakni tahap pertama sebesar 60 persen atau sebesar Rp17 miliar dan tahap kedua sebesar 40 persen atau Rp11,4 miliar.

"Kenaikan anggaran dana desa setiap tahun sangat bermanfaat guna membangun 30 desa dan negeri yang tersebar di lima kecamatan di Kota Ambon," katanya.
Ekonomi 502357318089353022

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang