200 Tokoh Agama di Maluku Ikut Perjalanan Keimanan ke Sejumlah Negara | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

200 Tokoh Agama di Maluku Ikut Perjalanan Keimanan ke Sejumlah Negara

BERITA MALUKU. Sebanyak 200 tokoh agama di Maluku, terdiri dari dari tokoh agama Islam sebanyak 115 orang, Protestan 64 orang, Katolik 15 orang, Hindu 3 orang dan Budha 3 orang, mengikuti perjalanan keimanan dan ketaqwaan ke Mekkah, Yerusalem dan India, yang dilepas secara langsung oleh Gubernur Maluku, Ir. Said Assagaff di Ambon, Jumat (21/4/2017) kemarin, dilantai tujuh kantor Gubernur.

Gubernur juga menyerahkan ke 200 tokoh agama itu kepada PT. Patuna Mekar Jaya selaku perusahaan yang dipercayakan untuk keberangkatan.

Dalam sambutannya Gubernur mengatakan, program Pemda Provinsi Maluku mengirimkan para tokoh agama di level basis, meliputi imam masjid, ustat, para tuang guru mengaji, pendeta, pastor, pedande, biksu yang berada di tujuh Kabupaten/kota se- Provinsi Maluku, ke kota-kota suci agama seperti Mekkah, Yerussalem, dan India, bukanlah sebuah serimonial biasa, tetapi sesungguhnya merupakan salah satu program strategis untuk mewujudkan salah satu point penting di dalam visi pembangunan Pemerintah Provinsi Maluku, yaitu masyarakat yang relijius.

Melalui program ini, dirinya berharap para tokoh agama ini dapat menyaksikan secara langsung kota-kota suci tersebut sebagai situs perjuangan para tokoh suci (para nabi dan rasul), di dalam menyiarkan ajaran-ajaran suci agama, serta membangun dan membina umat/masyarakat dengan budi pekerti yang luhur, sehingga darinya para tokoh agama kita semakin termotivasi untuk menjalankan pesan-pesan profetik agama di dalam membina umat dan masyarakat Maluku ini.

“Sebagai perjalanan relijius, para tokoh agama dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya menjadi oase (telaga) spiritual guna melakukan refleksi diri dalam rangka peningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujarnya.

Selain itu, program ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih Pemerintah Provinsi Maluku kepada para tokoh agama yang selama ini telah mengabdikan diri dalam rangka pembangunan masyarakat di daerah ini, khususnya dalam bidang sosial keagamaan.

“Selaku Pemerintah Daerah, saya ucapakan selamat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para tokoh agama yang selama ini sudah banyak berkontribusi terhadap pembinaan dan pembangunan mental spiritual anak-anak negeri ini. Banyak cerita menarik dari keteladanan para tokoh-tokoh agama di desa dan dusun-dusun terpencil, atau juga di sudut-sudut kota, walau hidup serba terbatas secara ekonomi, tanpa gaji dan tanpa fasilitas yang memadai, tapi tetap berjuang melayani masyarakat. Saya mengibaratkan bapak/ibu tokoh agama ini bagaikan sauh (Jangkar) dan nahkoda kapal, jika tanpa mereka, umat dan masyarakat kita bagaikan buih di lautan yang tak punya arah,” tuturnya. 

Untuk itu, kata orang nomor satu di Maluku ini, umat/masyarakat dan pemerintah akan terus menaruh harapan kepada para tokoh agama untuk terus mengabdi bagi negeri ini.

“Satu titipan dan permohonan saya, jika bapak ibu sampai ke tanah suci, tolong doakan Maluku tanah datuk-datuk ini untuk terhindar dari pelbagai bencana, baik bencana alam, maupun bencana sosial, kita semua terhindar dari fitnah. Doakan agar seluruh masyarakat Maluku dikaruniai keberkahan dan kesejahteraan, serta semakin rukun dan damai sebagai teladan dan laboratorium kerukunan dan perdamaian terbaik di Indonesia. Sebab, saya yakin di tanah suci itu, doa hamba yang dimohonkan dengan sungguh-sungguh dan tulus pasti dikabukan oleh-Nya. Amin,” pintanya.
Pemprov 8973853526046684583
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks