Kerangka AY Patty Dipindahkan Dari TPU Pandu Bandung Ke TMP Kapahaha | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Kerangka AY Patty Dipindahkan Dari TPU Pandu Bandung Ke TMP Kapahaha

Alexander Jacob Patty
BERITA MALUKU. Besok, Rabu (22/3/2017), kerangka pahlawan nasional Almarhum Alexander Jacob Patty (AY Patty) dipindahkan dari Taman Pemakaman Umum (TPU) Bandung ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapahaha, Tantui, Ambon.

"Esok kita sudah mulai pengangkatan kerangka tepatnya Pukul 10.00 Wib di TPU Pandu Bandung," ujar Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku, Sartono Pining kepada wartawan, Selasa (21/3/2017).

Dikatakan, pengangkatan kerangka ini akan disaksikan langsung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung, Kodam III Siliwangi yang diwakilkan oleh Satuan Komando Garnisun, persekutuan masyarakat Maluku Bandung Raya, Persekutuan Wanita Maluku (Perwama) Ina, serta ahli waris dari Jacob Patty.

Dijelaskan, usai proses pengangkatan kerangka, malamnya dengan menggunakan Batik Air kerangka akan diberangkatkan menuju Ambon. Setibanya di Ambon, kerangka AY Patty akan langsung dimakamkan di TMP Kapahaha. Upacara pemakamannya akan akan dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua.

"Ini merupakan sebuah penghargaan, kehormatan bagi jasa AY Patty sebagai pahlawan nasional yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa ini. Selain itu, ini juga merupakan keinginan masyarakat Maluku sejak lama, dan ini respon pemerintah atas permintaan masyarakat yang ingin agar kerangkanya dipindahkan ke kota asal Patty sendiri," tandasnya.

Menurutnya, perjuangan untuk pemindahan kerangkan pahlawan ini dimulai sejak lima bulan lalu, mulai dari tahapan proses koordinasi internal dengan keluarga Patty di Noloth, kemudian secara eksternal, pemerintah provinsi juga berkoordinasi dengan Kodam XVI Pattimura untuk mengeluarkan rekomendasi.

"Kita sudah dapat rekomendasi dari Kodam XVI Pattimura, dan kita juga sudah koordinasi dengan Pemerintah Bandung dan Satuan Komando Garnisun. Kita dapat dukungan penuh dari Walikota Bandung," ujarnya.
Pemprov 4121401461589984235

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang