Dinkes Aru Gelar Rakerkesda | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Dinkes Aru Gelar Rakerkesda

BERITA MALUKU. Untuk mewujudkan masyarakat Aru yang sehat dan sejahtera, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Aru menggelar Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda).

Kegiatan ini digelar di Aula Ho Kim Tong, kota Dobo, ibukota Kabupaten Kepulauan Aru, Rabu (8/3/17), dihadiri Bupati Kepulauan Aru, dr Johan Gonga, Ketua PKK Aru, Pimpinan Puskesmas dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Aru dan sejumlah undangan lainnya.

Kegiatan yang dinilai membawa perubahan pembangunan kesehatan di kabupaten ini, mengusung tema: “Sinergi Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota, Melalui Pendekatan Keluarga Sehat dan Germas (Gerakan masyarakat) Hidup Sehat Menuju Aru Sehat dan Sejaterah” dapat membangun komitmen bersama dalam pelaksanaan program bidang kesehatan serta peningkatan percepatan kinerja dan prestasi.

Bupati Gonga dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini menandaskan, upaya memenuhi salah satu hak dasar manusia adalah memperoleh pelayanan kesehatan, dimana pembangunan kesehatan ini harus dipandang sebagai investasi bidang human capital maupun Sumber Daya Manusia (SDM) diukur dengan indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Permasalahan kesehatan bersifat multidimensi lintas batas antar wilayah, sehingga tanggung jawab pembangunan kesehatan juga merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota,” katanya.

Dikatakan, pembangunan kesehatan awalnya bersifat kuratif dan rehabilitatif, dimana lebih diarahkan upaya kesehatan bersifat promotif dan preventif, perlu upaya penguatan tiga pilar pembangunan kesehatan yakni paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan jaminan kesehatan nasional yang diimplementasikan melalui pendekatan keluarga dan gerakan masyarakat hidup sehat.

“Pelaksanaan Germas memberikan suatu inpirasi positif bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan kinerja di bidang kesehatan maupun bidang bidang lainnya yang mempunyai andil positif dalam peningkatan pembangunan kesehatan,” terang Gonga.

Orang nomor satu Aru ini berharap para pengambil kebijakan pada instansi fungsional di tingkat puskesmas kecamatan ataupun pedesaan dapat meningkatkan kerja sama dan berpartisipasi aktif sehingga berbagai permasalahan kesehatan dapat diminimalisir supaya mendukung peningkatan pelayanan masyarakat di kabupaten julukan Jargaria Sakwariasa ini ke depan semakin lebih baik. (IMANe)
Daerah 8481739740892597631

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Indeks

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang