33 SMK Maluku Siap Meyelenggarakan UNBK | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

33 SMK Maluku Siap Meyelenggarakan UNBK

BERITA MALUKU. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku menyatakan, kesiapan untuk menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) akan berlansung 10 hingga 13 April mendatang. Terutama terkait kesiapan penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Kita di Maluku sudah siap menyelenggatakan UNBK,” ujar Kepala Bidang SMK, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Gatot Sihabudin kepada wartawan dikantor Gubernur, Senin (6/3/2017). 

Dikatakan, jika dibandingkan dengan tahun lalu, penyelenggara UNBK untuk tingkat SMK di tahun ini mengalami peningkatakan, dari 110 SMK yang ada di Maluku, 33 diantaranya siap menyelenggarakan UNBK. 

Persyaratan UNBK kata Gatot, setiap sekolah harus memiliki 20 perangkat komputer dengan 1 server. Untuk itu, kedepan pihaknya akan mendorong setiap sekolah untuk bisa mandiri dalam penyediaan komputer.

Diakuinya, untuk menyelenggarakan UNBK diperlukan biaya khusus dalam penyediaan perangkat komputer. Untuk itu, tahun ini pihaknya akan melakukan pengadaan komputer untuk beberapa sekolah. Selin itu, pihaknya juga akan mendorong sekolah agar dalam pengadaan komputer bisa melalui dana BOS.

“Kalau komite sekolah mempunyai komitmen dengan stakholder yang ada disekolah, saya pikir sangat bagus, kalau misalkan partisipasi masyarakat melalui komite sekolah bisa membeli peralatan berupa komputer dalam mendukung proses pembelajaran dan UNBK,” ucapnya.

Ditanya terkait naskah ujian, kata Gatot, sampai sejauh ini tidak ada masalah. Soalnya disusun oleh sekolah melalui Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

“Jadi soal yang disusun 75 persen dari daerah sedangkan 25 persen dari pusat. Jadi, naskah soal tersebut akan digabung dan dipilah per kabupaten,” pungkasnya.
Pendidikan 7145686538701350319

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Indeks

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang