Presiden Serahkan Bantuan PKH, KIS dan PMT Bagi Masyarakat Maluku | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Presiden Serahkan Bantuan PKH, KIS dan PMT Bagi Masyarakat Maluku

BERITA MALUKU. Presiden RI, Joko Widodo menyerahkan bantuan sosial non tunai, Program Keluarga Harapan (PKH) kepada sebanyak 4.598 keluarga senilai Rp8,6 miliar di kota Ambon, dan secara keseluruhan di Maluku mencapai 124.448 Keluarga, bantuan Kartu Indonesia Sehat (KIS) bagi masyarakat Maluku sebanyak 1.333 peserta, serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT) baik untuk ibu hamil, Bayi Dibawah umur Lima Tahun (Balita), anak sekolah.

Penyerahan berlangsung di pesisir pantai Desa Wailela, Kecamatan Teluk Ambon, Ambon, Maluku, Rabu (8/2/017).

Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani di Desa Rumah Tiga, Kecamatan Teluk Ambon, Maluku kepada 350 keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Seketaris Negara Pramono Agung, Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek, Gubernur Maluku, Said Assagaff, Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua.

Presiden RI, dalam sambutan singkatnya mengatakan, bantuan yang diberikan bagi Malukku agar dapat berkontribusi dalam pengurangan penduduk miskin di Indonesia.

Menurutnya, pemerintah mengiginkan kedepan seluruh anak Indonesia sehat, cerdas, pintar karena persaingan 20-30 tahun kedepan akan semakin berat. Bukan antar kota atau kabupaten, provinsi tetapi antar negara. Jadi harus disiapkan betul-betul anak-anak kita biar bisa memenanngkan persaingan tersebut.

“Tujuan kita agar anak Indonesia pintar, pandai dan sehat,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani menjelaskan, bantuan PMT untuk Ibu sebanyak 100 orang mencapai 1 ton, PMT Balita 1 ton untuk 300 orang mencapai 1 ton dan PMT anak sekolah sebanyak 600 orang diberikan 1 ton.

Dijelaskan, untuk PKH nantinya akan diberikan tiap tiga bulan sekali sebesar Rp500 ribu, sehingga total keseluruhan PKH yang diberikan satu tahun mencapai Rp2 juta. Untuk pengambilannya diberikan melalui tabungan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

“Ini berlaku untuk ibu hamil, ibu yang mempunyai Balita dan Lanjut Usia (Lansia). Sehingga diharapkan keluarga yang mendapatkan bantuan PKH dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk kebutuhan anak-anak,” tuturnya.

Begitu juga bantuan KIS, kata Maharani dapat dipergunakan dengan baik, terutama dalam kondisi sakit. Untuk itu dirinya megajak agar menjaga pola hidup dengan mengkosumsi makanan yang sehat, tidur yang cukup dan rajin berolahraga. 

Selain memberikan bantuan PKH, KIS dan PMT, Presiden juga memberikan enam buah sepeda, bagi siswa SD maupun peserta penerima bantuan yang mampu menjawab soal yang diberikan oleh orang nomor satu di NKRI.

Soal-soal yang diberikan Presiden menyangkut, Pancasila, Provinsi yang ada di Indonesia, Nama-nama ikan dan lain sebagainya. Hal ini membuat suasana semakin meriah, salah satunya menyangkut nama-nama ikan, yang tidak biasa didengar Presiden. Karena kebanyakan nama-nama ikan yang disampaikan berasal dari bahasa daerah asli Maluku.
HPN 8108031992936780739

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# BERITA RAMADHAN

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang