Ternate Berhasil Tekan Angka Kasus Malaria | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Ternate Berhasil Tekan Angka Kasus Malaria

BERITA MALUKU. Dinas Kesehatan Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) berhasil menekan angka kasus malaria dari empat menjadi satu penderita untuk setiap 1.000 penduduk.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Ternate Anwar Kamaluddin di Ternate, Selasa (31/1/2017) mengatakan menurunnya angka kasus malaria tersebut merupakan hasil dari berbagai program yang dilakukan Dinas Kesehatan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya dalam upaya memberantas malaria.

Khusus di Dinas Kesehatan Ternate, program untuk memberantas malaria yang dilaksanakan selama ini di antaranya kegiatan sosialisasi kepada masyarakat melalui puskesmas dan staf kesehatan di lapangan serta pembagian kelambu gratis kepada masyarakat.

Ia mengatakan, keberhasilan menekan angka kasus malaria tersebut juga tidak terlepas dari semakin tingginya kesadaran dari masyarakat di daerah ini dalam melakukan berbagai upaya untuk mencegah penularan malaria.

Upaya masyarakat itu di antaranya membiasakan pola hidup sehat, memberantas sarang nyamuk dan tempat-tempat tertentu di rumah yang dapat menjadi tempat berkembangbiaknya malaria serta rutin membersihkan lingkungan, seperti selokan dan genangan air.

"Semua upaya yang kita lakukan untuk memberantas malarian di Ternate akan terus kita tingkatkan sehingga target untuk membebaskan Ternate dari malaria pada 2019 dapat diwujudkan," kata Anwar Kamaluddin.

Di Kota Ternate pada April 2017 akan digelar kegiatan Jambore Malaria dan momentum ini akan dimanfaatkan oleh Dinas Kesehatan Ternate serta berbagai pihakt terkait lainnya di daerah ini untuk terus menguatkan komitmen dalam upaya membebaskan Ternate dari malaria.

Namun, ia mengakui bahwa Ternate merupakan daerah terbuka dan menjadi perlintasan masyarakat dari kabupaten/kota lain yang indemik malaria sehingga bisa jadi malaria yang muncul di daerah ini menular melalui penderita yang kebutulan berkujung ke Ternate.
Malut 2031917359468921790

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# BERITA RAMADHAN

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang