Baileo Ir. Sukrano di Masohi Hampir Rampung | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Baileo Ir. Sukrano di Masohi Hampir Rampung

BERITA MALUKU. Rumah adat Baileo merupakan ikon budaya sekaligus gambaran sikap dan jati diri masyarakat Maluku secara umum. Arsitektur dan nilai-nilai filosofis yang cukup unik membuat rumah adat ini cukup populer terutama bagi para wisatawan. Selain nilai filosofis, biasanya baileo yang ada disetiap Negeri di Maluku dibangun atas dasar latar belakang sejarah.

Kota Masohi Adalah nama yang diberikan Oleh Ir. Sukarno, Peresiden pertama Indonesia, bahkan ia yang meletakan Batu pertama pembangunan kota tersebut.

Pemerintah Maluku Tengah dibawah kepemimpinan Tuasikal Abua, menghargai sejarah tersebut dengan mendirikan Baileo, lengkap dengan Patung Ir. Sukarno, sehingga Baileo itu disebut Baileo Ir. Sukarno, terletak di jalan Protokol, Pattimura, Masohi, Ibu Kota Kabupaten Maluku Tengah.

"Kita Menghargai Almarhum Ir. Sebagai tokoh pendiri bangsa, kemudian beliau yang menamakan kota ini sebagai kota Masohi, kita perlu menghargai jasa beliau dengan menamakan baileo ini Baileo Ir. Sukarno" tandas Bupati Tuasikal Abua, sebelum Cuti Kampanye.

Pantauan media ini, pada Senin (30/1/2017), tampak bangunan dan patung yang dibangun menggunakan anggaran puluhan miliar itu, kini hampir rampung.

Baileo Ir. Sukarno mungkin satu satunya baileo yang ada Maluku, yang diberi nama Baileo Ir. Sukarno. Sehingga bisa dijadikan tempat wajib berkunjung ditempat terebut. Untuk diketahui Letak Baileo tersebut, letaknya berpapasan dengan jalur protokol yang ditumbuhi tanaman hias yang tertata rapi, seakan menyehatkan penglihatan kita. Silahkan berkunjung.
Malteng 3351304856599139566

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# BERITA RAMADHAN

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang