Pemkot Ternate Siapkan Agen Khusus Pengecer BBM | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemkot Ternate Siapkan Agen Khusus Pengecer BBM

BERITA MALUKU. Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara bakal menggendeng Badan Usaha Milik Daerah setempat untuk menyiapkan agen khusus bagi pengecer BBM jenis premium maupun pertalite.

Wakil Wali Kota Ternate Abdullah Tahir di Ternate, Rabu (11/1/2017) mengatakan setelah membahas masalah pengecer yang sering mengambil BBM bersubsidi di SPBU, maka pemkot akan menyiapkan agen khusus bagi pengecer.

Sebab, katanya, selama ini pengecer dianggap mengganggu pelayanan SPBU terhadap masyarakat, terutama pengguna kendaraan roda dua dan empat.

Ia mengatakan sesual hasil pertemuan, disepakati Pemkot Ternate diberikan waktu tiga bulan untuk membangun satu agen khusus untuk melayani pengecer, karena selama ini pengecer selalu menerobos masuk SPBU untuk mengambil BBM sehingga dianggap mengganggu pelayanan di SPBU yang khususnya melayani kendaraan roda dan roda empat. Hal itu mengakibatkan kemacetan di sekitar SPBU.

Untuk menghindari itu, Pemkot Ternate diberikan waktu satu bulan untuk menyiapkan agen yang akan melayani para pengecer BBM di Kota Ternate.

"Kami berharap dalam kesepakatan antara pihak pengecer, Pertamina, BUMD dan pihak kepolisian itu, bisa ditaati oleh para pengecer, setelah kita melakukan rapat untuk menindaklanjuti bersama Pertamina, Disperinda, ada kemungkin Pemkot Ternate menyiapkan agen lebih dari satu untuk melayani para pengecer tapi kita sesuaikan karena kita punya pengecer di Kota Ternate tersebar di beberapa kelurahan," katanya.

Ia mengatakan sesuai aturan, pengecer tidak bisa mengambil BBM jenis premium atau pertalite di SPBU.

Akan tetapi, katanya, karena pertimbangan kemanusiaan sehingga pengecer bisa mengambil SPBU, maka Pemkot Ternate akan menyiapkan agen khusus untuk melayani pengecer.

"Jika Pemkot Ternate sudah menyiapkan agen lalu pengecer masih bandel mengambil di SPBU tetap diambil tindakan tegas dan jika ditemukan izin SPBU dicabut," katanya.

Sales Eksekutif Ritel PT Pertamina Maluku Utara Andi Arifin ketika dihubungi, mengaku untuk membuat agen hanya membutuhkan lahan sekitar 30-40 meter persegi karena rata-rata SPBU di Ternate lahannya terlalu sempit, seperti SPBU di Kampung Pisang.

Jalan dispenser dengan jalan utama di SPBU Kampung Pisang berjarak sekitar lima meter. Ketika mobil tangki BBM datang untuk menambah pasokan BBM di tempat itu, berakibat antrean masyarakat dengan kendaraannya di SPBU setempat.
Malut 5864511654877939292

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang