Lantamal IX Ambon Peringati Hari Dharma Samudra | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Lantamal IX Ambon Peringati Hari Dharma Samudra

BERITA MALUKU. Dalam rangka memperingati hari Dharma Samudera tahun 2017, personel Lantamal IX melaksanakan upacara parade di lapangan apel Mako Lantamal IX Ambon, Minggu (15/1/2017).

Dalam amanat Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., yang dibacakan Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Joko Supriyanto, yang juga bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada kegiatan itu, mengatakan bahwa kegiatan rutin ini merupakan upacara untuk memperingati peristiwa Heroik yang terjadi di laut Aru pada lima puluh dua tahun silam. 

Dimana terjadi pertempuran yang melibatkan tiga kapal cepat Torpedo TNI AL yakni RI Macan Tutul, RI Harimau, Dan RI Macan Kumbang dalam menghadapi kapal perang Belanda. Komodor Yos Sudarso yang saat itu menjabat Deputi Kasal, On Board di atas RI Macan Tutul sebagai Senior Officer Present Afloat (SOPA) bersama awak RI Macan Tutul akhirnya gugur sebagai Kusuma Bangsa.

Keberadaan para pahlawan tersebut katanya, telah menorehkan tinta emas dalam sejarah Nasional perjuangan bangsa Indonesia, dalam upaya mempertahankan NKRI.

"Oleh karena itu, untuk mengenang peristiwa Heroik tersebut pemimpin TNI AL menetapkan tanggal 15 Januari sebagai hari Dharma Samudera. Melalui peringatan ini, kita semua berjanji penghormatan dan penghargaan atas jasa dan pengorbanan para Pahlawan Samudera akan terus dijaga dan dipelihara," jelasnya.


Lebih tegas ditekankan kepada seluruh prajurit TNI AL dimanapun berada, untuk mengaktulisasikan nilai – nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta Trisila TNI Angkatan Laut yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita, sebagai kontribusi positif karya nyata segenap prajurit matra laut dalam pengabdian kepada Negara dan Bangsa serta demi terwujudnya TNI Angkatan Laut yang handal disegani serta berkelas dunia . (DISPEN LANTAMAL IX/bm)
TNI-Polri 9136352932861603354

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang