Harga Ikan di Ternate Melonjak | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Harga Ikan di Ternate Melonjak

BERITA MALUKU. Harga ikan di Ternate, Maluku Utara (Malut) melonjak karena menepisnya stok di pasaran menyusul kurangnya pasokan ikan dari nelayan di daerah ini.

"Pasokan ikan dari nelayan dalam beberapa terakhir ini kurang karena banyak nelayan yang tidak melaut akibat cuaca buru yang melanda perairan Malut," kata salah seorang pedagang ikan di Pasar Bastiong Ternate Maimunah, Senin (19/12/2016).

Bahkan khusus untuk jenis ikan cakalang ukuran sedang dan besar kini kosong, karena kapal ikan dari Kota Tidore Kepulauan dan Kabupaten Halmahera Selatan, yang selama ini menjadi pemasok utama ikan cakalang di Ternate, tidak ada yang masuk.

Menurut Maimunah, harga ikan dolosi ukuran besar misalnya Rp40.000 per tiga ekor, kini naik menjadi Rp50.000 per tiga ekor, begitu pula ikan sorihi yang biasanya Rp10.000 untuk tujuh ekor, kini dengan jumlah yang sama harganya menjadi Rp20.000 Harga ikan cakalang kecil juga kini naik dari Rp20.000 per ekor menjadi Rp30.000 per ekor, kondisi serupa juga terjadi pada ikan kering yang normalnya Rp25.000 per kg, kini naik menjadi Rp40.000 sampai Rp50.000 per kg tergantung jensi ikannya.

Maimunah belum bisa memastikan kapan harga ikan di Ternate akan normal, karena sampai saat ini cuaca di perairan Malut belum membaik, sementara para pengumpul ikan juga semakin menipis stoknya.

Mahalnya harga ikan tersebut memaksa sebagian warga Ternate beralih membeli telur ayam atau ayam potong karena harganya masih normal yakni masing-masing Rp1500 per butir dan Rp35.000 per ekor.

"Kami berharap Disperindag Kota Ternate segera melakukan upaya untuk mengatasi kelangkaan stok ikan di Ternate, misalnya mendatangkan ikan cakalang dari Bitung, Sulawesi Utara seperti yang dilakukan beberapa waktu lalu agar harga ikan di daerah ini bisa normal kembali," kata salah seorang warga Ternate Rahmat.
Malut 6127510924998211788

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang