Wagub Minta Buka Kantor Imigrasi di Saumlaki | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Wagub Minta Buka Kantor Imigrasi di Saumlaki

BERITA MALUKU. Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua meminta Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia membuka Kantor Imigrasi di Saumlaki, Ibu Kota Kabupaten Maluku Tenggara Barat, guna mendukung kerja sama antara daerah setempat dengan Darwin, Australia.

"Saya meminta satu dari Bapak, kalau boleh dalam waktu dekat ini membuka Kantor Imigrasi di Saumlaki," katanya pada jamuan makan malam dengan Menteri Hukum dan HAM RI Yassonna H Laoly di kediamannya di Ambon, Jumat (18/11) malam.

Ia mengatakan fasilitas hukum perlu ditingkatkan dalam rangka melayani wisatawan yang berkunjung langsung ke daerah itu.

Ia menjelaskan tentang pentingnya pembukaan Kantor Imigrasi di Saumlaki karena pada Desember akan dibuka hubungan antara Darwin dan Saumlaki.

"Pihak mereka (Darwin, red.) sudah bersedia tetapi mereka minta perlu ada Kantor Imigrasi di Saumlaki. Karena itu, saya minta secara resmi kepada Bapak, atas nama Pemerintah Provinsi Maluku dan atas nama rakyat Maluku," ujarnya.

Ia mengemukakan kalau kesulitan membangun Kantor Imigrasi dalam waktu dekat, mungkin mengontrak terlebih dahulu gedung dan kemudian ditempatkan petugas Kantor Imigrasi di daerah itu.

"Itulah harapan saya kepada Bapak Menteri, atas nama Pemerintah Provinsi Maluku saya sampaikan kepada Bapak, mudah-mudahan semua bisa berjalan dengan baik," katanya.

Wagub juga menyampaikan bahwa masalah keamanan di daerah itu terjamin karena kerja sama antara TNI dan Polri yang harmonis.

Apalagi, katanya visi gubernur jelas, yakni mantapkan pembangunan Maluku yang aman, rukun, damai, religius, sejahtera, berkualitas, demokratis, berkepribadian, dijiwai semangat Siwalima, berbasis kepulauan secara berkelanjutan.

"Ini visi dan misi Pemerintah Provinsi Maluku yang didukung penuh oleh TNI dan Polri," katanya.

Menteri Hukum dan HAM Yassonna H Laoly menjawab permintaan Wagub soal pembukaan Kantor Imigrasi di Saumlaki. Ia meminta Kakanwil Hukum dan HAM Provinsi Maluku untuk memperhatikannya.

"Kita akan bantu, karena memang batas-batas wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Timor Leste dan Australia sangat penting," katanya.

Apalagi, katanya, kalau wisatawan yang datang dari Australia melalui Darwin lebih banyak bisa mendapat sumber devisa.

"Kita mendorong, mudah-mudahan tidak ada kendala. Kita akan penuhi apa yang disampaikan oleh Pak Wagub untuk menempatkan petugas Imigrasi di Saumlaki. Mungkin tidak dalam bentuk satu kantor seperti di kota besar, tetapi paling tidak ada perwakilan kita tempatkan di Saumlaki untuk membantu proses kedatangan orang-orang asing yang masuk ke Indonesia," kata Yassonna.

Pada kesempatan itu, Menkumham Yassonna menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan seluruh jajaran forkompinda yang telah merawat dan menjaga keamanan di tengah-tengah persoalan kebangsaan saat ini.

"Saya mengapresiasi atas erat dan kompak forkompinda dalam menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara, mengingat peristiwa-peristiwa yang lalu, karena ongkos dari sebuah perpecahan sangat mahal sekali," katanya.

Hubungan yang baik antara berbagai elemen masyarakat, katanya, harus terus diperkuat pada masa mendatang.

"Saya mengucapkan terima kasih karena hubungan yang begitu manis. Mudah-mudahan terus kita eratkan, apalagi selalu melakukan pendekatan-pendekatan kultural dengan para pimpinan keagamaan, pimpinan adat. Kita berharap juga seluruh masyarakat di daerah ini bisa mengelola keamanan dengan baik, agar tujuan pembangunan dapat tercapai dengan baik," kata Yassonna.
Aneka 9090339920100455293

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

#ANEKA

# TNI - POLRI

Indeks

Kurs Mata Uang