Ribuan Pasang Mata Saksikan Lomba Belang di Festival Budaya Banda 2016 | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Ribuan Pasang Mata Saksikan Lomba Belang di Festival Budaya Banda 2016

BERITA MALUKU. Lomba perahu belang yang selalu diperlombakan setiap tahun dalam Festival Pesona Budaya Banda, merupakan mata lomba yang selalu menyita perhatian semua kalangan masyarakat dan para turis. 

Kali ini ribuan pasang mata menyaksikan lomba perahu belang (Kora Kora) Tahun 2016.

Pantauan Berita Maluku Online, Lomba Belang yang baru selesai diperlombakan, pada Sabtu (12/11/2016) pagi tadi, di bagi menjadi dua kategori, yaitu Lomba Perahu belang kategori Adat dan Belang Nasional.

Lomba Perahu Belang kategori Adat, diperlombakan lebih awal yang dikuti tujuh Negeri yang tersebar di Kecamtan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, diataranya, Perahu Belang dari Negeri Selamon, Pulau AY, Lonthor, Kuda, Namasawar, Pulau Hatta dan Waer.

Perahu belang negeri Selamon berhasil finis pertama, kemudian dikuti perahu belang dari Pulau AY, dan Finis Ketiga ditempati perahu belang Lonthor.

Sementara untuk Lomba Perahu Belang kategori Nasional, dikuti sepuluh peserta. Yaitu perahu belang dari  Waling Spancibi yang Finis Pertama, sementara peserta perahu belang dari Desa Kumber menepati Finis Kedua, dan finis ketiga peserta dari Pagar Buton, disusul Peserta dari Pulau Rhun, Selamon, Boyauw, Lautang, kampung Baru, Dwiwarna dan finis terakhir yaitu peserta dari Waer.

Hadiah untuk peserta yang finis pertama difestival budaya Banda Kali ini, yaitu selain piala Bergilir Bupati Cup juga ditambah Uang tunai Rp20 juta, naik Rp10 juta dari sebelumnya.

Gubernur Maluku, Said Assagaff sebelum melepas para peserta dari garis start didepan masyarakat mengatakan, Festival yang setiap tahun diselenggarakan oleh Pemda Maluku Tengah (Malteng) merupakan bagian dari mempromosikan Banda sebagai daerah wisata, wajib dikujungi lebih banyak lagi oleh wisatawan.

"Banyak wisatawan yang berkujung ke Banda, dengan kegiatan Festival ini, orang makin banyak lagi berkunjung dan mengetahui kondisi kekinian. Banda wajib dikunjungi," kata Gubernur yang juga Putra Banda. (K)
Pariwisata 4396750293839769801

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

#ANEKA

# TNI - POLRI

Indeks

Kurs Mata Uang