Pertemuan Exit Strategi Antara Solid Malteng dan PT. Transindo | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pertemuan Exit Strategi Antara Solid Malteng dan PT. Transindo

Hasilkan Kesepakatan Jual Beli Produk

BERITA MALUKU. Peran Smallholdes Livelihood Development Project in Eastern Indonesia (SOLID) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), membuka jalan pemasaran bagi Federasi Kelompok Mandiri yang berada dibawa binaan SOLID Malteng, dengan PT. Transindo Karia Mekar, adalah suatu langkah baru yang ditempuh SOLID Malteng yang dipimpin, Mufli Tuanaya, SPI.

Pasalnya, jual produk pertanian, khususnya buah kelapa dan kopra, yang selama ini dilakukan Federasi Kelompok Mandiri, yang tersebar di 28 desa, masih kurang memberi dampak ekonomi yang baik bagi para pertani. Sehingga langkah dilakukannya Exit Strategi, memberi kemudahan bagi para petani Kelompok Mandiri, baik dari sisi kemudahan pemasaran dan keuntungan ekonomi.

"Kegiatan Pertemuan Exit Strategi yang kami lakukan ini, konsep SOLID. namun yang kita lakukan dengan PT. Transindo Karya Mekar ini, merupakan hal yang positif dan baru. Hal positifnya kita membuka jalan pemasaran produk bagi Petani Kelompok Mandiri dalam memasarkan produk buah kelapanya. Dan Pimpinan PT Transindo telah menawarkan kemudahan menjual produk pertanian dengan menawarkan harga yang menguntungkan bagi petani," jelas Mufli, usai kegiatan pertemuan Exit Strategi dengan PT Transindo Jum'at (18/11/2016).

Selain disepakati jual beli produk selama masa percobaan tiga bulan dalam kesepakatan tersebut, kata Mufli, PT Transindo juga membuka akses pemberian pengetahuan kepada kelompok tani binaan SOLID Malteng untuk mempraktek hal-hal terkait dengan pengolahan buah kelapa menjadi berbagai produk unggulan.

"Kelompok mandiri yang berapa pada Binaan Solid Malteng, dalam kesepakatan kerja sama percobaan yang ditandatangani oleh SOLID, pimpinan PT Transindo dan Federasi serta Kelompok Tani, mereka para Federasi dan Kelompok Tani Mandiri juga berkesempatan mendapat pengetahuan yang lebih dengan praktek dalam mengelolah buah kelapa menjadi berbagai produk unggulan," tambahnya.

Sementara itu, disaat yang sama, pimpinan perusahan PT. Transindo Karya Mekar, Prof. DR. L. Coritelu, MSI, mengatakan, langkah kerja sama antara para Kelompok Mandiri yang digagas SOLID Malteng telah menciptakan iklim sinergitas antara Pemerintah Daerah Malteng dan PT. Transindo Karya Mekar dalam mengembangkan sistim usaha yang bermuara pada pengembangan kebutuhan ekspor produk.

"Ini langkah yang sinergis dari pemerintah Malteng dalam hal ini Bandan Ketahanan Pangan, Proyek program SOLID, dalam memperdayakan masyarakat petani kecil bersama dengan kami membantu memudahkan pemasaran produk yang dihasilakan kelompok Tetani Mandiri, dan kami PT. Transindo siap membuka dan memberikan para petani yang berada pada binan SOLID Malteng, untuk berpaktek cara mengolah produk kelapa dengan ketersedian alat yang kami miliki," kata Coritelu.

"Produk Kelapa dan trunannya dapat meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat, nota kesepahaman yang telah kami teken dengan solid malteng telah menghasilakn Dua kesepakatan yaitu petani mandiri dapat menjual  kelapa dan mereka berkesempatan mempraktek pembuatan produk kelapa dan turunannya menjadi produk unggulan dengan masa percobaan selama tiga bulan setelah itu kita tingkatkan kesepakatan dalam Exit strategi tadi menjadi MOU" tambahnya.

Ia juga mengatakan, kerja sama pemeritah dan PT. Transindo harus menjadi hal berkelanjutan dan bersinergiatas guna menigkatkan modernisasi dan mesinisasi untuk mengolah SDA di Malteng.
Malteng 8036234761795435638

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang