17 November Operasi Zebra Bakal Digelar di Masohi | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

17 November Operasi Zebra Bakal Digelar di Masohi

Kasat Lantas: Langgar Aturan, Langsung Ditindak

BERITA MALUKU.
Dipastikan tanggal 17 November 2016 mendatang, pihak Polres Maluku Tengah (Malteng) akan menggelar Operasi Zebra guna menertibkan penggunaan kendaraan Roda Dua (R2) dan Roda Empat (R4) di Masohi, ibukota Kabupaten Malteng.

“Mulai 17 November mendatang kita akan melaksanakan Operasi Zebra di Kota Masohi dan
sekitarnya,” jelas Kasat Lantas Polres Malteng, AKP Mustafa Kamal kepada Berita Maluku Online, Selasa (15/11/2016).

Dia mengatakan, Operasi Zebra berbeda dengan Operasi Patuh, maupun Simpatik. Giat Operasi
Zebra 100 persen merupakan penindakan tanpa ada teguran atau penyuluhan langsung.

“Ini berbeda dengan ops simpati atau ops patuh. Ini 100 persen penindakan, tidak kompromi
pengguna kendaraan R2 maupun R4 yang didapati melanggar aturan lalu lintas (Lalin), otomatis ditindak,” tegasnya.

Operasi ini sesuai rancana, akan dilaksanakan dalam kurun waktu 14 hari sejak dimulai tanggal 17 November 2016.

“Ini akan kita laksanakan sampai dengan 29 November mendatang. Intinya selama 14 hari giat ops zebra akan kita gelar,” tadas Kamal.

Penindakan bagi pelanggar, kata Kasat, selanjutnya akan berurusan dengan pihak pengadilan agar ada efek jera bagi semua pengguna kendaraan bermotor agar tak lagi melanggar aturan lalu lintas.

“Tak ada lagi proses penyelesaian di Mapolres, semua pengendara yang ditemukan melanggar akan langsung berurusan dengan pengadilan. Kita tak beri ruang untuk menyelesaikan di Kantor Polres,” tegasnya..

Dikatakan, perbedaan Operazi Zebra dan Operasi Patuh, maupun Simpatik, diatur dalam Undang-Undang Lalulintas. Operasi Simpatik lebih banyak diberikan teguran bagi pelanggar lalin. Jika dipersentasikan, maka hampir 100 persen Operasi Simpatik merupakan teguran dan penyuluhan, berbeda dengan Operasi Patuh.

Kamal menambahkan, Operasi Patuh yakni penindakan dan teguran berbanding sama 50:50. Sementara Operasi Zebra 100 persen merupakan penindakan.

“Kami harapkan mayarakat pengguna jalan, baik dengan kendaraan R2 maupun R4 dapat mematuhi semua aturan lalin agar tak terjaring dalam operasi zebra mendatang,“ harap perwira polisi berpangkat tiga balok ini. (NELES/e)
Malteng 2042547511922446075
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks