Harga Bawang Merah di Kota Ternate Turun | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Harga Bawang Merah di Kota Ternate Turun

BERITA MALUKU. Haga bawang merah di Ternate, Maluku Utara turun dari Rp60 ribu menjadi Rp50 ribu per kg, begitu pula bawang putih turun dari Rp50 ribu per kg menjadi Rp45 ribu per kg.

Nuraini, pedagang di Pasar Bahari Berkesan, Senin (10/10/2016), mengatakan turunnya harga bawang merah dan bawang putih tersebut karena stok di pasaran mulai banyak seiring dengan masuknya pasokan dari Jawa dan Sulawesi.

Selain itu, produksi bawang lokal dari sejumlah daerah di Malut, seperti bawang topo dari Kota Tidore Kepualau juga sudah mulai banyak masuk di pasaran Ternate, sehingga semakin menambah stok bawang yang pada gilirannya mendorong turunnya harga.

Nuraini mengatakan, komoditas lainnya di Pasar Bahari Berkesan Ternate yang juga mengalami penurunan adalah cabai keriting turun dari Rp40 ribu menjadi Rp38 ribu per kg, cabai rawit turun dari Rp50 per kg menjadi Rp45 ribu per kg.

Sedangkan cabai nona mengalami kenaikan dari Rp27 ribu per kg menjadi Rp35 ribu per kg akibat kurangnya pasokan.

Pasokan cabai keriting dan cabai rawit cukup banyak, baik dari Sulawesi Utara maupun dari daerah lainnya di wilayah Maluku Utara.

Menurut Nuraini, harga komoditas lainnya di Pasar Bahari Berkesan Ternate yang juga mengalami kenaikan adalah tomat yakni dari Rp8000 per kg menjadi Rp10 ribu per kg karena pasokan dari petani berukurang menyusul banyaknya tanaman tomat petani mengalami panennya berkurang akibat pengaruh hujan.

Hujan yang melanda sejumlah wilayah pengembangan tomat di Maluku Utara maupun Sulawesi Utara mengakibatkan banyak buah tomat yang gugur sebelum bisa dipanen, akibatnya produktivitas tanaman tomat menurun.

Sementara itu, untuk kebutuhan pokok lain seperti beras, minyak goreng dan gula pasir tetap stabil.
Malut 2100965271653424917

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang