Facry Minta BPTP Kuatkan Pangan Lokal Maluku Melalui Program Kerja | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Facry Minta BPTP Kuatkan Pangan Lokal Maluku Melalui Program Kerja

BERITA MALUKU. Maluku merupakan salah satu daerah yang kaya pangan lokal diantaranya sagu hingga umbi-umbian, seperti Kembili, Ubi, talas, dan keladi, ditambah dengan melimpahnya hasil perkebunan pala dan cengkeh.

Namun sayangnya, dengan perkembangannya zaman, pangan lokal semakin terkikis sehingga masyarakat saat ini lebih banyak mengkosumsi beras daripada pangan lokal.

Untuk meningkatkan hal tersebut, Kepala Pusat Penilitian dan Pengembangan Tanaman Perkebunan Badan Litbang Kementrian Pertanian, Facry Judfry, meminta kepada seluruh jajaran Balai Pengkajian Teknologi Pertanian  (BPTP) Maluku, dapat melihat hal ini dan membantu memberikan pemerintah provinsi Maluku dalam memberikan penguatan pangan lokal, melalui program kerja. 

"Pangan lokal sudah seharusnya diangkat kembali untuk menjadi, hal ini yang menjadi tugas utama BPTP Maluku,"ujar Facry di Ambon, Rabu (12/10/2016).

Pihaknya juga mendorong untuk dilakukan penilitian spesifikasi dengan mengangkat pangan lokal, sehingga riset yang diangkat nantinya untuk kepentingan dan kemajuan daerah dalam pengembangan pangan lokal.

Menurutnya, pola pembangunan pertanian di Maluku harus berbeda dengan daerah yang ada di pulau Jawa. Apalagi Maluku merupakan daerah kepulauan, dengan luas daratan 7,6 persen dan daratan 92 persen, dengan jumlah pulau mencapai 1430.

Untuk itu, dirinya mendukung upaya dari pemerintah provinsi Maluku, dalam menjadikan lautan sebagai jembatan antar pulau.

"Untuk menyentuh semua pulau cukup sulit, olehnya itu pola pendekatan pembangunan pertanian harus berbeda dengan daerah yang ada di pulau jawa," ucapnya.

Lanjut Facry, hal yang harus diperhitungkan adalah pembangunan pertanian di wilayah Terluar, Terdepan, dan Terpencil (3T), dimana daerah-daerah yang berada dalam kawasan 3T harus diperhatikan dan dikembangkan.

"Pada prinsipnya kita akan mendorong dan mendukung sepenuhnya pemerintah provinsi dalam meningkatkan dan menhidupkan kembali pangan lokal," pungkasnya.
Headline 587246735800574066

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang