HUT Kota Ambon: Ratusan Atlet Ambon Ikut Lomba Lari Marathon 44,1 Km | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

HUT Kota Ambon: Ratusan Atlet Ambon Ikut Lomba Lari Marathon 44,1 Km

BERITA MALUKU. Sebanyak 114 atlet kota Ambon mengikuti lomba lari marathon 44,1 KM yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) kota Ambon ke 441 tahun pada 7 September 2016.

Lomba lari marathon diikuti para pemuda, pelajar, TNI Polri serta komunitas lari yang ada di kota Ambon dengan menempuh rute dari depan monumen Gong Perdamaian Dunia (GPD) menuju kawasan Hative Kecil, melewati Jembatan Merah Putih (JMP), kawasan Laha dan kembali ke rute sebelumya untuk finish di kawasan GPD.

Penjabat Wali Kota Ambon Frans Johanes Papilaya di Ambon, Selasa (6/9/2016), menyatakan lomba lari marathon yang dilaksanakan bekerja sama dengan KONI dan PASI kota Ambon.

"Lomba ini setiap tahun digelar sebagai upaya untuk pembinaan dan pengembangan atlet cabang atletik serta melatih bibit baru di cabang ini," katanya di Ambon, Selasa.

Kegiatan itu diharapkan dapat memotivasi para pelajar, mahasiswa untuk mencintai olahraga lari, sehingga dapat diperoleh atlet lari terbaik dari kota Ambon untuk mewakili Maluku ke tingkat nasional.

"Lomba ini juga memacu semangat dan menjaga sportivitas di antara sesama atlet. Saya berharap kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan prestasi olahraga," ujarnya.

Ketua PASI kota Ambon Anthony Gustaf Latuheru mengatakan cabang olah raga atletik merupakan salah satu cabang yang diandalkan di Maluku untuk mendulang medali pada sejumlah ajang daerah, nasional maupun internasional.

Hampir seluruh atlet cabang atletik Maluku berasal dari Kota Ambon, sehingga perlu dilakukan pembinaan dan pelatihan melalui lomba di daerah.

"Lomba lari marathon 44,1 KM bukan difokuskan bagi para pelajar dan mahasiswa, maupun unsur masyarakat, karena selama ini PASI Kota Ambon memang sempat mati suri, sehingga kita perlu mencari bakat lari yang baru untuk memperkuat cabang olahraga atletik," katanya.

Ia menambahkan program kerja yang dihasilkan dalam rapat tahunan yakni mempersiapkan atlet menghadapi sejumlah kegiatan besar tingkat nasional PON tahun 2016.

"Atlet Maluku dinilai sangat berprestasi di bidang atletik, sehingga kami perlu mempersiapkan para atlet mengikuti lomba tingkat nasional, dengan menggelar lomba lari 10 dan lima kilometer," katanya.

Ditambahkannya, banyak prestasi yang telah disumbangkan para atlet di tingkat daerah di antaranya Pekan Olah raga Maluku (POPMAL) berhasil meraih 14 medali emas di cabang atletik.

Sedangkan target ke depan adalah meraih prestasi yang baik di PON 2016.

"Kita harus mempersiapkan para atlet dengan baik, karena atletik menjadi salah satu cabang olah raga andalan Maluku selain cabang tinju dan lainnya," ujar Anthony.
Olahraga 5745586412134225107

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang