Produksi Ikan di Maluku Utara Capai 30 Ton Per Hari | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Produksi Ikan di Maluku Utara Capai 30 Ton Per Hari

BERITA MALUKU. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ternate, Maluku Utara, mencatat pembongkaran ikan di Pelabuhan Perikanan Ternate mencapai 30 ton per hari.

"Capaian itu jika cuaca baik. Namun, bila terjadi cuaca buruk, pembongkaran ikan hanya 4 ton per hari," kata Kepala DKP Kota Ternate Ruslan Bian di Ternate, Rabu kemarin.

Meski dalam kondisi cuaca buruk sekalipun, kata dia, pembongkaran ikan di pelabuhan perikanan tetap ada. Namun, pendapatan para nelayan sangat minim bisa mencapai 4 ton/hari.

Kendati demikian, menurut dia, mampu mencukupi permintaan pasar dan memberi pengaruh pada sektor kenaikan harga pada ikan.

Ia menegaskan bahwa sektor perikanan itu merupakan tingkat fluktuatif yang relatif sangat tinggi. Kalau cuaca buruk, nelayan tidak melaut sehingga terjadilah penaikan pada harga ikan.

"Dalam sehari, masyarakat ternate mengonsumsi ikan sebanyak 8 ton. Konsumsi ikan per kapita di Indonesia, Malut masuk pada urutan kedua setelah Ambon," katanya.
Malut 2992800252244409303
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks