Oktober 2016, Kabupaten MTB Gelar Festival Budaya Tanimbar | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Oktober 2016, Kabupaten MTB Gelar Festival Budaya Tanimbar

BERITA MALUKU. Bulan Oktober 2016 mendatang, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) akan menyelenggarakan festival budaya Tanimbar atau julukan bagi daerah yang dikenal dengan sebutan duan lolat itu.

Kegiatan yang dimotori pihak Dinas Pariwisata Kabupaten MTB ini, bertujuan membuat masyarakat setempat lebih mencintai budaya Tanimbar yang diwarisi para leluhur di masa lampau. Sekaligus menguatkan jati diri sebagai orang Tanimbar untuk menyikapi arus globalisasi saat ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten MTB, E. Batlolona kepada Berita Maluku Online, Kamis (25/8/2016) mengatakan, kegiatan festival ini sudah dicanangkan sebelumnya dan bakal dijadikan ivent tahunan seperti yang sudah dilaksanakan tahun sebelumnya. Iven ini juga untuk menyambut HUT MTB ke-16 November mendatang.

Festival kali ini dibuat lebih meriah dari tahun sebelumnya yang hanya menggelar festival “Tnabar Ilaa” (Tarian kebesaran adat masyarakat Tanimbar). Sebab kali ini akan ditambahkan beberapa kegiatan, seperti kegiatan bahari atau semacam pesta teluk dan beberapa lainnya.

Kegiatan akan berpusat di Saumlaki, ibukota Kabupaten MTB untuk menunjukan kecintaan terhadap budaya lokal setempat yang sudah dikenal luas.

“Untuk itu, kita sudah mempersiapkan beberapa mata acara untuk dipentaskan pada saat kegiatan tersebut, seperti tarian adat Tanimbar termasuk mempersiapkan 10 buah perahu ‘Kumal’ (Perahu tradisional masyarakat MTB) dan lainnya, dan juga menyiapkan hadiah bagi pemenang dan para juri yang memberi penilaian kepada para peserta lomba,” jelas Batlolona.

Menurutnya, kegiatan ini akan melibatkan masyarakat setempat atau perwakilan dari seluruh kecamatan yang berada di kabupaten kepulauan tersebut termasuk mengundang sejumlah tamu untuk menyaksikan kegiatan tersebut dari dekat.

Menyangkut anggaran untuk penyelenggaraan kegiatan, kata Batlolona akan dibiayai dari APBD Kabupaten MTB dengan besaran dana RP600 juta.

Namun baginya, menyangkut penganggaran ini akan dikonsultasikan kembali.

Ia mengharapkan dukungan dari semua pihak agar Festival Budaya ini nantinya sukses sebagaimana yang diharapkan. (EB/PT/e)
Pariwisata 8609992867912452306

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang