Blok Masela Masuk Proyek Strategis Nasional | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Blok Masela Masuk Proyek Strategis Nasional

BERITA MALUKU. Sebagai daerah kepualauan, Maluku memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang begitu melimpah, salah satunya sumber daya minyak dan gas bumi.

Terbukti ladang gas terbesar di dunia dimaksudkan adalah blok Masela, yang terletak di Laut Arafura antara 800 kilometer (km) sebelah timur Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), 400 km sebelah utara Kota Darwin, Australia, dan 155 km arah barat daya Saumlaki, Maluku Tenggara Barat, dengan kedalaman 457-4.230 meter.

Menyikapi hal tersebut, pemerintah pada 16 November 1988 telah menandatangani kontrak bagi hasil (Production Sharing Contract) untuk jangka waktu 30 tahun atau sampai dengan 2028 dengan operator utama blok abadi tersebut yakni Inpex Corporation dan PT Energi Mega Persada Tbk, Bakrie Grup (EMP).

Melihat hal ini, Pemerintah Provinsi Maluku berupaya untuk memasukan gas terbesar di dunia sebagai proyek strategis nasional, dan telah disetujui pemerintah pusat.

“Saya minta blok Masela untuk lima tahun kedepan dimasukan dalam proyek strategis nasional yang besar dan sudah disetujui,” ujar Gubernur Maluku, Rabu (31/8/2016).

Orang nomor satu di Maluku ini meminta kepada pemerintah kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) agar tidak lagi berpolemik.

“Sekarang pemerintah sudah putuskan ke darat, dan sudah putuskan menjadi proyek strategis nasional, mau apa lagi, jangan lagi kalian minta disina, disini, atau disitu,”pintanya.

Ditambahkannya, sementara ini pemerintah lagi melakukan studi terkait lokasi pembangunan fasilitas kilang.

Studi yang dilakukan termasuk studi lingkungan, Amdal dan lain sebagainya. Dan yang paling penting studi yang dilakukan harus melibatkan Universitas Pattimura.

Untuk jangka waktu studi, dirinya meminta pemerintah pusat, paling lambat dua tahun sudah harus selesai.
Headline 281412587315882356

Poskan Komentar

  1. Kami sangat setuju dengan Bpk Gub. Semoga semuax dapat terlaksana tanpa ada percecokan dari masyarakat MTB dan MBD. Amin

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang