Kapan Ruas Jalan Ilngei Batuputih MTB Tuntas ? | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Kapan Ruas Jalan Ilngei Batuputih MTB Tuntas ?

BERITA MALUKU. Warga Desa Batu Putih, Kecamatan Wer Maktian, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) mempertanyakan proyek pekerjaan ruas jalan Ilngei – Batuputih karena hingga kini belum tuntas. 

Proyek pembangunan ruas jalan sepanjang 40 kilometer ini sudah dikerjakan lebih dari satu dekade, tetapi kenyataannya belum juga rampung, padahal sekian banyak uang negara sudah digelontorkan untuk membangun proyek di wilayah perbatasan tersebut.

“Sejak kabupaten MTB dimekarkan dan dipimpin Bupati S.J.Oratmangun hingga Bupati Bito Temamar selama dua periode, ruas jalan Ilngei – Batuputih belum juga selesai. Kapan ruas jalan ini bisa selesai,” kesal George Kdise, warga Batuputih, Kecamatan Wer Maktian kepada Berita Maluku Online, Selasa (19/7/2016).

Dikatakan, ruas jalan Ilngei – Batuputih sejak dibuka tahun 2005, pekerjaannya jauh dari harapan masyarakat setempat, sebab sebagian besar masih terlihat bekas gusuran alat berat yang sudah ditutupi semak belukar dan belum ada kegiatan sirtu, walau tak dipungkiri ada beberapa kilometer ruas jalan sudah diaspal.

Tokoh masyarakat Batuputih ini berharap, pemerintah Provinsi Maluku serius menyikapi proyek jalan tersebut mengingat ruas jalan Ilngei – Batuputih sangat penting untuk memperpendek retang kendali pemerintahan serta mobilisasi arus barang dan jasa bagi warga yang tinggal di pulau Yamdena bagian barat yang selama ini terisolir dari akses pembangunan.

Menurutnya, selama Indonesia merdeka, desa–desa di kecamatan Wer Maktian jauh dari sentuhan pembangunan, bahkan untuk datang ke Saumlaki, pusat ibukota Kabupaten MTB dan ke Sera, ibukota kecamatan harus susah payah menggunakan armada angkutan laut tradisional yang tak terjadwal, itupun menunggu hingga kondisi laut bersahabat.

Ditambahkan, tanggal 7 Agustus 2016 Ketua Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) akan diundang bersama sejumlah tamu lain untuk peresmian gereja El Shaddai  Batuputih. Diharapkan pemerintah daerah dapat menyikapi sarana publik tersebut supaya pemandangan keterbelakangan ini cepat diatasi, setara dengan wilayah lain di tanah air.

Informasi yang diperoleh, pembangunannya ruas jalan Ilngei – Batuputih disupport juga dari dana APBD Provinsi Maluku senilai puluhan miliar rupiah yang ditangani Dinas PU Provinsi Maluku. Dan hampir tiap tahun dana ini digelontorkan untuk membangun infrastruktur jalan tersebut.

Sementara itu, Dinas PU Provinsi Maluku belum berhasil dikonfirmasi terkait penanganan proyek jalan Ilngei – Batuputih. (bm11)
Proyek 7784947266929027654

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang