Sampono: Perlu Perjuangkan 60 persen dari Quota Pembentukan DOB untuk Wilayah Timur | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Sampono: Perlu Perjuangkan 60 persen dari Quota Pembentukan DOB untuk Wilayah Timur

BERITA MALUKU. Ketua Kaukus DPD RI Indonesia Timur dan anggota Komite I Bidang Otonomi (Otda) dan Pemerintahan Daerah (Pemda) DPD RI, Nono Sampono menegaskan bahwa perlu diperjuangkan minimal 60 % dari quota pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) secara nasional untuk wilayah Timur dalam rangka mempercepat pembangunan baik infrastruktur maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

“Saya mengajak teman-teman anggota DPD RI khususnya di Komite I DPD RI dari 13 Provinsi di Wilayah Timur, mari bersama-sama memperjuangkan minimal 60 persen dari quota rencana DOB secara nasional untuk wilayah Timur Indonesia.” kata Sampono saat rapat dengar pendapat dan menerima audiensi dari calon DOB Provinsi Maluku dan Sulauwesi Tengah di ruang kerja Komite I DPD RI.

Mantan komandan Korps Marinir TNI AL ini juga mempertanyakan bahwa politik anggaran pemerintah pusat lebih memprioritaskan pembangunan dan penyebaran anggaran selalu berbasis manusia. Padahal, daerah-daerah wilayah Timur adalah berbasis kepulauan yang memiliki laut yang luas.

Oleh karena itu, kenyataan ini menyebabkan terjadi disparitas antara provinsi-provinsi di Jawa dan Sumatera dengan wilayah Timur Indonesia semakin hari semakin timpang dan tidak adil.

“Saat ini, bila tidak adanya pergeseran paradigma pembangunan nasional lebih mengarah ke Indonesia Timur. Maka yang terjadi wilayah Timur Indonesia semakin hari semakin tertinggal dan semakin terbelakang. Saya khawatir kondisi ini jika berlarut-larut, akan berpengaruh terhadap berlangsungnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di masa mendatang. Oleh karena itu, saya menghimbau agar pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri memprioritaskan pembentukan DOB di wilayah Timur Indonesia.” Urai Nono Sampono.

Selain itu, Mantan Kepala Badan SAR Nasional ini mengungkapkan bahwa khusus di Provinsi Maluku selain pembentukan DOB, telah diputuskan pengelolaan pembangunan dan eksplorasi Blok Masela (onshore) diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mendorong percepatan pembangunan dan mengurangi ketertinggalan di Provinsi Maluku.

“Pembentukan DOB merupakan salah satu solusi penting dalam mengejar ketertinggalan pembangunan Provinsi Maluku, akan tetapi eksplorasi Blok Masela juga menjadi solusi dalam mendorong percepatan pembangunan infrastruktur serta mengurangi ketertinggalan diantaranya kemiskinan, lapangan pekerjaan serta pendidikan.” Demikian tutup Nono Sampono mengakhiri komentarnya.
Headline 3911445152931744129

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang