Masyarakat di Perbatasan Tenggara Maluku Diimbau Waspadai Angin Kencang | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Masyarakat di Perbatasan Tenggara Maluku Diimbau Waspadai Angin Kencang

BERITA MALUKU. Masyarakat diimbau mewaspadai angin kencang dengan kecepatan lebih dari 30 kilometer/jam berhembus di wilayah perbatasan Tenggara Provinsi Maluku pada beberapa hari ke depan.

Kepala BMKG Stasiun Pattimura Ambon, George Mahubessy, di Ambon, Minggu (26/6/2016), mengatakan, wilayah perbatasan yang dihembus angin kencang tersebut meliputi Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Maluku Tenggara Barat (MTB).

Kedua kabupaten itu secara geogarfis berbatasan dengan Timor Leste maupun Australia.

George mengemukakan, angin kencang tersebut mempengaruhi tinggi gelombang mencapai 2,5 meter di perairan Leti, Kepulauan Babar, Kepulauan Tanimbar, perairan Selatan Kepulauan Kei, laut Arafura dan laut Banda.

"Angin kencang juga mempengaruhi cuaca di sebagian besar wilayah Maluku yakni hujan sedang maupun ringan," ujarnya.

Karena itu, para nelayan yang hendak menangkap ikan jangan memaksakan diri melaut hanya dengan mengandalkan armada tradisional.

"Armada tradisional berupa perahu yang biasanya disebut ketinting tersebut tidak kuat menahan gempuran ombak setinggi 2,5 meter sehingga lebih baik mengantisipasi kemungkinan terjadinya musibah laut," tandas George.

Dia juga mengharapkan para Bupati dan Wali Kota agar mengimbau perusahan penyedia maupun pengguna jasa transportasi laut untuk memperhatikan perubahan cuaca secara ekstrim sehingga tidak memaksakan diri berlayar pada hari - hari terakhir bulan suci Ramadhan dan menjelang perayaan Idul Fitri 1437 Hijriah.

Dalam kondisi cuaca ekstrim, maka Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Ambon berwenang tidak memberikan izin berlayar, bahkan sekiranya dipandang perlu aktivitas pelayaran untuk sementara ditutup sambil menunggu laporan perkembangan cuaca terbaru.

Para pengguna jasa transportasi juga hendaknya memaklumi jika terjadi penundaan dan keterlambatan jadwal keberangkatan kapal laut akibat faktor cuaca karena pertimbangan perlunya memprioritaskan keselamatan.
Daerah 4212954206634383957
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks