Impian Alexander Litaay Jadi Dubes Kroasia Terpenuhi | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Impian Alexander Litaay Jadi Dubes Kroasia Terpenuhi

BERITA MALUKU. Politisi PDI Perjuangan Provinsi Maluku Johan Rahantoknam mengakui impian Alex Litaay sejak lama ingin menjadi duta besar negara sahabat pada salah satu negara di benua Eropa sudah terpenuhi.

"Sejak dulu Bung Alex sudah memiliki cita-cita suatu saat menjadi dubes pada salah satu negara besar di Eropa, meskipun akhirnya menjadi Dubes RI untuk Kroasia di Eropa Timur," kata Jora, sapaan akrab John Ranhantoknam, di Ambon, Senin (27/6/2016).

Sebelum meninggal dunia, Alex Litaay telah memenuhi harapan dan impiannya sebagai salah satu dubes di Eropa Timur, khususnya di Kroasia dalam kurun waktu sekitar dua tahun.

Menurut Jora, Alex dikenal sebagai sosok politisi yang ulet dan berdedikasi serta loyal terhadap partai ketika parpol berlambang banteng kekar bermoncong putih ini masih dikenal dengan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) di era pemerintahan Orde Baru.

Alex juga pernah dipercaya Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) partai dan menjadi anggota DPR RI asal Daerah Pemilihan Provinsi Maluku selama tiga periode.

Menurutnya, jasa almarhum dalam memperjuangkan Maluku, terutama program pembentukan daerah otonomi baru di era reformasi cukup besar dan selalu dikenang masyarakat di daerah ini.

"Hanya saja kondisi kesehatannya sering terganggu akibat sakit jantung yang diderita, dan harus memasang empat ring di jantungnya hingga akhirnya meninggal dunia di Kroasia saat menjalankan tugas sebagai duta besar RI di sana," ujar Jora lagi.

Politisi senior PDI Perjuangan itu memiliki dua orang putri dan seorang putra, dan putri tertuanya pernah bersekolah pada salah satu sekolah menengah atas di Kota Ambon, meskipun orang tuanya berada di Jakarta.
Aneka 8836315904142179742

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang