Triwulan I, Pertumbuhan Ekonomi Maluku Diatas Nasional | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Triwulan I, Pertumbuhan Ekonomi Maluku Diatas Nasional

BERITA MALUKU. Pertumbuhan ekonomi Maluku dari tahun ke tahun menunjukan peningkatkan signifikan. Hal ini terlihat pada pertumbuhan ekonomi triwulan I tahun 2016, bertumbuh 5,46 persen atau lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 4,92 persen.

“Pencapaian ini semakin menunjukan, bahwa saat ini Maluku merupakan salah satu wilayah yang perkembangan perekonomian cukup cepat selama tujuh tahun terakhir,” kata Kepala Bagian Humas, Biro Umum, Provinsi Maluku, Bobby Palapia, Jumat (27/5/2016).

Menurutnyak, jika laju pertumbuhan ekonomi yang positif dapat dipertahankan dalam jangka waktu yang cukup panjang maka tingkat kemakmuran Provinsi Maluku akan setara, bahkan lebih tinggi dari rata-rata nasional. Dengan begitu, Maluku bukan lagi salah satu daerah tertinggal di Indonesia.

Hal ini sesuai evaluasi Biro Pengembangan Ekonomi dan Investasi, Setda Maluku bersama kinerja Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) dalam rangka membahas evaluasi kinerja KKMB di tahun 2015 dan triwulan I tahun 2016, serta membahas langkah dan arah kebijakan peningkatan kinerja kedepan.

Rapat yang dilakukan 24 Mei 2016 lalu itu melibatkan anggota KKMB kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku Tengah, Buru Selatan, pihak perbankan, Bappeda Provinsi serta akademisi sebagai ahli manajemen, menunjukan peningkatan dengan realisasi penyaluran kredit tahun 2015 sebesar Rp18 miliar.

Lanjut Bobby, sejak empat tahun terakhir, KKMB telah melakukan pendampingan kepada empat ribu lebih UMKM, seribu diantaranya melalui link ke bank dengan total Rp47.378.497.930. sedangkan untuk triwulan I tahun 2016 yang terealisasi satu milyar lebih.

“Kondisi ini menunjukan keberadaan KKMB Provinsi Maluku memiliki aktifitas,” pungkasnya.
Ekonomi 2251016214053280977

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang