Terkait Kerjasama, FK Unpatti Laksanakan Humanitarian dan Medical Services | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Terkait Kerjasama, FK Unpatti Laksanakan Humanitarian dan Medical Services

BERITA MALUKU. Kendati Fakultas Kedokteran (FK) merupakan fakutas termuda di Universitas Pattimura Ambon, namun fakultas yang satu ini mulai menjejaki kerjasama internasional dengan fakultas kedokteran (medical University) Taiwan, yang telah berlangsung Agustus 2015 lalu.

Guna menindaklanjuti kerjasama tersebut, FK Unpatti akan melaksanakan Humanitarian Surgery Medical Services.

Dalam press release Dekan FK Unpatty, Dr dr. Manuputty Yacob MPH, yang diterima Berita Maluku online, Jumat (27/5/2016) dijelaskan, kegiatan ini perlu mendapat apresiasi karena terkait dengan MoU yang telah ditandatangani kedua Universitas tahun lalu itu, masing-masing Rektor Unpatti dan Presiden serta wakil Presiden Medical University tentang Cooperatian in Academic and Research Related Activities.

Kemudian diikuti dengan kunjungan Tim Maluku diantaranya Rektor Unpatti Dekan FK, Direktur RSUD DR Haulussy serta beberapa staf Unpati di Taiwan, Oktober 2015 lalu.

Pada kujungan tersebut, lanjut Manuputty, telah ditandatangani MoU RSUD DR Haulussy dengan Kaohsiung Medical University, Internasional Coilege of Surgeon Indonesia, Internasional Coilege of Surgeon Taiwan sebagai perluasan dari MoU yang sudah ditandatangani pihak Unpatti dan Kaohsiong Medical University.

Sebagai tindak lanjut dari penanda tangan MoU dimaksud, dengan dibantu oleh International College of Surgeons (ICS) baik dari Indonesia maupun manca negara, akan dilakukan Humanitarium Surgery dan Medical Service di Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah berupa seminar Workshop, operasi pasien dan pelayanan kesehatan masyarakat sebagai wujud nyata implementasi dari kerjasama tersebut.

Menurut Dekan FK, Manuputty, bahwa pada waktu yang relatif bersamaan, akan dilakukan kegiatan seminar, apresiasi seni dan olah raga sebagai wujud nyata kegiatan organisasi kemahasiswaan yang berkolaborasi dengan civitas akademika dan alumnus fakultas kedokteran Unpatti untuk meningkatkan performance dari FK Unpatti sehingga makin berkualitas, terutama menyongsong akreditasi yang direncanakan akhir 2016.

Dalam rangka implementasi kerjasama tersebut telah disiapkan berbagai kegiatan yakni Simultaneous Woskshop, Global Humanitarian Surgery Practical Conference, seminar sehari FK Unpatti yang berorientasi lingkungan laut pulau, kegiatan operasi pasien di RSUD DR M Haulussy, pelayanan kesehatan di daerah pedesaan tepatnya di desa Wakasihu serta apresiasi seni dan olah raga yang direncanakan dimulai 30 Mei hingga 11 Juli 2016.

Menurut Manuputty, tujuan umum dari kegiatan ini adalah untuk mewujudkan kerjasama yang telah ditandatangani antara Rektor Unpatti, Direktur RSUD Dr M haulussy dan pimpinan Kaohsiung Medical University dalam rangka pengembangan FK Unpatti menjadi FK yang berwawasan Internasional.

Jenis kegiatannya Simultaneous Workhop tentang Wound Care dan Basic Medical Emergency, yang akan dilaksanakan di RSUD Dr Haulussy 30 Mei mendatang.

Kegiatan kedua yaitu Global Humanitarian Practical Conference International Collaboration antara Unpatti, RSUD Dr Haulussy, Ikatan Dokter Indonesia Maluku dan International College of Surgeons, yang direncanakan berlangsung 2 Juni mendatang, serta kegiatan seminar sehari FK Unpatti yang beroreantasi laut pulau pada 30 Juni, serta beberapa kegiatan lainya. (**)



Pendidikan 4808995982286366823

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang