Ribuan Siswa TK–SMA Se Kota Ambon Banjiri Perayaan Bulan Pendidikan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Ribuan Siswa TK–SMA Se Kota Ambon Banjiri Perayaan Bulan Pendidikan

BERITA MALUKU. Ribuan siswa mulai dari tingkat TK hingga SMA se-kota Ambon membanjiri perayaan puncak bulan pendidikan di lapangan Merdeka, Ambon, Kamis (26/5/2016).

Sebelum mengikuti perayaan puncak pendidikan, ribuan siswa telah mengikuti kegiatan pendukung lainnya diantaranya jalan santai berbusana nusantara, demosntrasi permainan dan tarian daerah Maluku, demonstrasi roket air, menjahit jala, kamboti, tumang sagu, atap rumbia, demosntasri melukis oleh Asosiasi Seni Rupa Maluku, pameran pendidikan oleh sekolah, BUMN, balai bahasa, balai arkeologi, Museum Siwalima, dan makan Patita.

Gubernur dalam sambutannya mengatakan, bulan pendidikan merupakan salah satu momentum penting untuk kembali merefleksikan dan memproyeksikan masa depan pendidikan, karena pendidikan merupakan salah satu instrument paling besar pengaruhnya untuk transformasi peradaban suatu bangsa. Dimana tingkat kesejahteraan, kesehatan dan kemajuan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas pendidikannya, baik menyangkut komponen-komponen pendidikan maupun sarana dan prasarana pendidikan, karena pendidikan akan melahirkan SDM sebagai investasi yang tak pernah akan habis, jika dibandingkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang akan habis pada waktunya.

Jelasnya, sesuai tema bulan pendidikan tahun 2016 “nyalakan pelita, terangkan cita-cita, dapat semakin memotivasi mengkonsolidasi dan mensinergikan semua potensi yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini.

Dalam artian pendidikan dapat berperan sebagai pelita bagi setiap anak bangsa di daerah ini yang akan membuatnya bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya.

“Dukunga yang perlu kita berikan kepada anak-anak kita adalah memastikan apa yang mereka pelajari saat ini relevan dengan apa yang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan zamannya. Menghadapi era kompetensi global di abad 21 ini, anak-anak kita membutuhkan ketrampilan utuh mencakup tiga komponen, yaitu karakter kemampuan literisasi dan kompetensi” ujarnya.

Menurutnya, menghadirkan kembali spirit perjuangan pendidikan Ki Hajar Dewantoro di bulan pendidikan ini, sejatinya menjadikan dunia pendidikan sebagai media untuk mencetak kualitas SDM yang seutuhnya, bukan separuh manusia.

“Mari jadi masyarakat yang cerdas agar nasib kita berubah menjadi masyarakat yang berkeadaban tinggi,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku, Saleh Thio mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuh kembangkan silaturahmi seluruh ekosistim pendidikan di Maluku pada iring-iringan bersama membangun pendidikan Maluku.

Serta bertujuan sebagai bentuk dukungan moril terhadap para siswa dalam implementasi aspek kognetif, afektif dan psikomotorik, mewadahi pengembangan kreatifitas dan inovasi peserta didik serta sebagai wadah mempromosikan karya-karya terbaik siswa.
Pendidikan 5450843847530600523

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang