Kapan Wings Air Beroperasi di Dobo? | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Kapan Wings Air Beroperasi di Dobo?

BERITA MALUKU. Rencana pengoperasian Wings Air, salah satu maskapai penerbangan swasta melayani rute Dobo, ibukota Kabupaten Kepulauan Aru untuk mengatasi kesulitan sarana perhubungan udara di wilayah tersebut kini dipertanyakan masyarakat setempat. Pasalnya, pihak perusahaan ini beberapa kali telah menyatakan keinginannya bahkan mengekspos melalui spanduk dan poster di Dobo beberapa waktu lalu bahwa wings air bakal beroperasi melayani masyarakat Aru, namun nyatanya hingga kini belum terealisir.

“Masyarakat Aru jangan dipermainkan, bila belum saatnya wings air beroperasi melayani penerbangan ke Dobo jangan mengumbar hal-hal yang belum ada kepastian,” ujar Yohanes, salah satu warga Dobo kepada Berita Maluku Online, Kamis (26/5/2016).

Menyikapi keinginan masyarakat Aru, pihak DPRD dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru berinisiatif mendatangi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara RI di Jakarta menanyakan kepastian pemberian izin operasional penerbangan kepada wings air.

Kebijakan ini dilakukan untuk menjawab kesimpangsiuran isu-isu yang berkembang belakangan ini di Kabupaten Kepulauan Aru tentang ketidakjelasan rencana pengoperasian maskapai tersebut.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kepulauan Aru, Onggo Legam mengatakan, pihaknya dan Bupati Johan Gonga belum lama ini sudah mendatangi Kementrian Perhubungan dalam hal ini pihak Dirjen Perhubungan Udara bagian perizinan operasional melalui salah satu stafnya bernama Ny.Mariati.

Di sana, Mariati mengatakan, izin kepada wings air belum bisa dikeluarkan mengingat kondisi bandara Rar Gwamar Dobo perlu diperlebar terlebih dahulu untuk bisa didarati pesawat berukuran sedang.

Kata dia, lebar bandara Rar Gwamar Dobo saat ini hanya dua puluh tiga meter dan belum mencukupi tigapuluh meter sehingga perlu ditambah pelebaran tujuh meter lagi untuk menjawab hal tersebut.

Kendati demikian, kata dia anggaran sebesar Rp.31 miliar sudah disiapkan untuk dilakukan pelebaran bandara Rar Gwamar tersebut. Sehingga diminta masyarakat bersabar agar bandara diperlebar sehingga bisa menjawab kendala beroperasinya maskapai sekelas wings air tersebut.

Untuk saat ini, hanya satu maskapai yang melayani penerbangan rute Dobo yakni Trigana Air. Dan untuk grup Trigana air tidak disalahkan tetapi perlu dibenahi armada penerbangan itu terkait dengan pelayangan dan kondisi pesawat tersebut yang belum lama ini mengecewakan masyarakat Aru.

Sementara itu, Kepala Bandara Rar Gwamar Dobo, Januaris yang dihubungi mengatakan, saat ini pihaknya sudah menyiapkan material untuk proses pengerjaan pelebaran bandara Rar Gwamar, hanya saja saat ini cuaca alam di wilayah tersebut belum bersahabat sehingga aktivitas pelebaran belum bisa dilakukan.

Sebagaimana diketahui, wings air sudah melakukan uji coba landing perdana di landasan bandara Rar Gwamar beberapa waktu lalu dengan  mengikutsertakan pihak-pihak terkait untuk memastikan proses pengeluaran ijin pengoperasian, namun sampai saat ini ijin tersebut belum dikeluarkan padahal sudah dua kali direncanakan pesawat ini akan beroperasi sehingga membuat masyarakat Aru menjadi kesal. (IMANe)
Perhubungan 608957953281332077

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang