Unpatti Buka Pendaftaran SNMPTN | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Unpatti Buka Pendaftaran SNMPTN

BERITA MALUKU. Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon membuka pendaftaran calon mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

"Secara resmi kami telah membuka pendaftaran calon mahasiswa baru jalur SNMPTN sejak 25 April hingga 30 Mei 2016," kata Pembantu Rektor I Unpatti Muhammad Riadh Uluputty, Rabu (27/4/2016).

Ia mengatakan, Unpatti dalam proses penerimaan mahasiswa baru mempunyai tiga jalur, yakni SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri.

"Ada tiga jalur seleksi nasional, saat ini kita masuk pada tahapan SNMPTN, sedangkan untuk jalur SBMPTN dan mandiri akan dibuka setelah menunggu hasi dari SNMPTN," katanya.

Dalam pelaksanaan SNMPTN tahun 2016, pihaknya juga mendapat kepercayaan pelaksanaan seleksi melalui sistem "Computer Based Test" (CBT) dengan jumlah kuota sebanyak 80 kursi untuk calon mahasiswa baru.

Seleksi CBT di wilayah timur Indonesia hanya tiga daerah, yakni Universitas Hasanudin Makassar (Unhas), Universitas Haluoleo Kendari dan Unpatti.

Pihaknya siap melaksanakan sistem CBT karena Unpatti telah memiliki infrastruktur yang memadai, yang perlu menjadi perhatian adalah penyediaan komputer.

"Hal ini menandakan kami dari sisi infrastruktur siap sehingga dipercayakan untuk melaksanakan CBT hanya perlu menyiapkan komputer, " ujarnya.

Ia mengakui, kuota tahun 2016 mengalami perubahan dibandingkan tahun 2015. kuota SNMPTN 40%, SBMPTN 30% dan Mandiri 30%. Jumlah terebut mengalami penurunan yakni kuota SNMPTN dari 50% turun menjadi 40%.

Untuk aplikasi CBT telah disiapkan yang menempatkan peserta sebagai klien dan soal sebagai server sehingga akan mempermudah bagi calon mahasiswa yang akan mengikuti seleksi.

Sistem CBT juga tidak mengenal standar nilai. Karena itu terbuka untuk umum, siapa yang cepat akan mendapatkan kesempatan tersebut.

"Kita siap untuk melaksanakan seleksi dengan sistem CBT, karena calon mahasiswa telah dbekali dengan ujian sistem CBT, sehingga saat pelaksanaan dipastikanm siap," kata Riadh.
Pendidikan 2705652175850939190
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks