Tiga Balon Wali Kota Ambon Lolos Verifikasi Gerindra | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Tiga Balon Wali Kota Ambon Lolos Verifikasi Gerindra


BERITA MALUKU. DPD Partai Gerindra Kota Ambon menyatakan, tiga bakal calon (Balon) Wali Kota setempat lolos verfikasi berkas sehingga berhak mengikuti tes kepatutan dan kelayakan yang dijadwalkan pada 22 - 23 April 2016.

"Ketiga Balon Wali Kota tersebut adalah petahana Richard Louhenapessy, Kadis Sosial Maluku Paulus Kastanya dan Kadis PU Kota Ambon, Leopold Bastian Nanulaitta," kata Ketua DPC Partai Gerindra Kota Ambon, Phil Latumeirissa, dikonfirmasi, Jumat (15/4/2016).

Ketiganya lolos verfikasdi berkas yang dilakukan tim pendaftaran dan penjaringan Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota DPC Partai Gerindra Kota Ambon pada 17 - 19 Maret 2016 dilanjutkan finalisasi pada 21 - 24 Maret 2016.

Sedangkan Balon Wakil Wali Kota juga tiga orang yakni Lutfy Sanaky, Muhammad Armyn Syarif Latuconsina dan Johana Irma Betaubun.

Awalnya, Saleh Watiheluw mendaftar sebagai Balon Wakil Wali Kota. Namun, berkasnya belum lengkap sehingga tidak lolos untuk mengikuti tes kepatutan dan kelayakan.

Phil yang didampingi Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Kota Ambon, Rustam Latupono serta tim pendaftaran dan penjaringan Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota DPC Partai Gerindra Kota Ambon, Jhon Egbert Maitimu itu mengemukakan, tahapan selanjutnya adalah tes kepatutan dan kelayakan yang wajib diikuti para kandidat.

"Hasil tes ini merupakan salah satu bagian dari penilaian yang nantinya menentukan rekomendasi diputuskan DPP Partai Gerindra dijadwalkan pada pekan kedua Mei 2016," tandasnya.

Pertimbangan lainnya adalah hasil survei yang dilakukan lembaga berkompoten dan pertimbangan khusus disampaikan DPC Partai Gerindra Kota Ambon maupun DPD Partai Gerindra Maluku.

Phil menjelaskan, tes kepatutan dan kelayakan dilakukan panelis yang berkapasitas di masing - masing bidangnya yakni Rektor Unpatti Ambon, Prof. Nus Sapteno, Prof. Tony Pariela, Prof.Jusuf Lewakabessy, DR. Abidin Wakanno serta aktivis perempuan dan anak, Ny.Etha Hendriks.

Partai Gerindra menempatkan empat kadernya di DPRD Kota Ambon sehingga untuk koalisi dalam mendukung pasangan Balon Wali Kota - Wakil perlu tambahan tiga orang dari Parpol lain.

Partai Gerindra bersama Partai Golkar, PPP, Partai Bintang Reformasi dan Partai Damai Sejahtera mengusung pasangan Richard Louhenapessy - M.A.S Latuconsina disapa PAPARISA yang berhasil memenangkan Pilkada Kota Ambon pada 2012.

Richard yang adalah Wali Kota Ambon itu, belum memutuskan pasangan Wakilnya karena beralasan masih menunggu hasil survei dengan masa jabatan berakhir pada 4 Agustus 2016.

Sedangkan, Sam yang Wawali Ambon saat ini intensif membangun komunikasi politik dengan Paulus Kastanya.

Pilkada Maluku 6984467212509040555

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang