Status Tersangka Bupati MBD Jadi Kewenangan Kejagung | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Status Tersangka Bupati MBD Jadi Kewenangan Kejagung

BERITA MALUKU. Persoalan status Bupati Maluku Barat Daya (MBD, Barnabas Orno yang dipertanyakan warga terkait proses pemeriksaan dirinya di Kejaksaan Agung(Kejagung) beberapa waktu lalu bukan menjadi kewenangan penyidik Kejaksaan Tinggi Maluku.

"Kami tidak berwewenang menyatakan apakah Bupati MBD itu berstatus tersangka atau tidak, karena yang melakukan pemeriksaan adalah Kejagung dan itu menjadi kewenangan pusat untuk menentukan," kata Kepala Seksi Penerangan dan Hukum Kejati Maluku, Sammy Sapulette di Ambon, Kamis (28/4/2016).

Barnabas Orno dan Benyamin Thomas Noach baru dilantik sebagai Bupati dan Wabub MBD periode 2016- 2021 di Ambon pada 26 April 2016.

Kemudian salah satu warga MBD yang juga pegiat anti korupsi di Maluku, Herman Siamiloy mempertanyakan status Barnabas Orno yang sudah pernah diperiksa tim Kejagung di Jakarta dan meminta penyidik Kejati Maluku menjelaskan status Bupati MBD periode kedua tersebut.

Menurut Sammy Sapulette, penyidik Kejati Maluku belum pernah memanggil dan memeriksa Bupati MBD sehingga pihaknya tidak punya kewenangan untuk menyatakan status Barnabas Orno sehingga siapa saja boleh menanyakannya secara langsung ke Kejaksaan Agung.

Bupati MBD bersama sejumlah pimpinan SKPD setempat pernah diperiksa tim penyidik Kejagung terkait sejumlah kasus dugaan korupsi dan penyalahgunaan anggaran negara atau daerah yang nilainya mencapai belasan miliar rupiah.

Anggaran tersebut diduga merupakan dana perjalanan dinas serta dana bantuan sosial kabupaten MBD pada beberapa tahun lalu yang dicurigai bermasalah.

Begitu pun, penyalahgunaan APBD MBD senilai Rp16 miliar lebih sehingga diperiksa penyidik Kejagung.

Herman Siamiloy menjelaskan, Bupati dan sejumlah pimpinan SKPD MBD juga pernah diperiksa tim penyidik Kejati Maluku dan dilanjutkan dengan pemeriksaan di Kejagung, selanjutnya ada tim khusus dari pusat yang turun ke Tiakur, Ibu Kota Kabupaten MBD.
Hukrim 1609283935618685731

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang