Kasus Demam Berdarah di Ambon Meningkat | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Kasus Demam Berdarah di Ambon Meningkat

BERITA MALUKU. Kepala Dinas Kesehatan kota Ambon Treesje Tory menyatakan kasus demam berdarah dengue (DBD) di Ambon mengalami peningkatan menjadi 37 kasus pada Januari-April 2016, padahal pada 2015 hanya 25 kasus.

"Sampai dengan April 2016 tercatat 37 kasus DBD di Ambon dengan empat orang di antaranya meninggal dunia," katanya di Ambon, Jumat (8/4/2016).

Ia mengatakan empat orang warga yang meninggal dunia merupakan warga Tantui, Kayu Putih kecamatan Sirimau, dan dua lainnya warga desa Passo kecamatan Baguala.

Sejak periode Januari-April 2016 jumlah kasus DBD di Ambon mencapai 37 kasus. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2015 mencapai 25 kasus dan satu korban meninggal dunia.

Treesje menyatakan penyebaran penyakit DBD di Ambon tersebar di seluruh kecamatan yakni Kayu Putih, Passo, Hutumuri, Lehari dan Batu Merah.

Mengantisipasi peningkatan kasus DBD, Dinas Kesehatan melakukan pengasapan (fogging) di kawasan yang merupakan endemis DBD yakni Kayu Putih, dan akan dilanjutkan di sejumlah kawasan lain.

"'Fogging' dilakukan secara terpadu, sebagai upaya kita mengantisipasi penyebaran DBD di Ambon. 'Fogging' merupakan langkah terakhir pecegahan yang terpenting adalah kesadaran masyarakat untuk melakukan membersihkan lingkungan," katanya.

Menurut dia, pengasapan bukanlah solusi utama pencegahan DBD, tetapi yang terpenting adalah menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

Ia mengakui, penyebab kasus DBD tersebut karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, terutama tidak menutup tempat penampungan air dan kurang efektifnya dalam melakukan pemberantasan sarang nyamuk.

"Masyarakat harus bisa berperan aktif dalam pencegahan DBD di daerahnya masing-masing. Di antaranya dengan menjaga kebersihan lingkungan, agar terhindar dari penyakit," ujar Treesje.
Kesehatan 4582667732147874913

Poskan Komentar

  1. Tolong fogging juga di tanah tinggi bu kadis.. nyamuknya banyak sekali... maklum dekat kali.. makasih.

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang