Pengelolaan Blok Masela Diharapkan Sentuh Kesejahteraan Masyarakat Lokal | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pengelolaan Blok Masela Diharapkan Sentuh Kesejahteraan Masyarakat Lokal

BERITA MALUKU. Perhimpunan Mahasiswa Katolik Repubik Indonesia (PMKRI) Maluku meminta pengelolaan kilang gas abadi blok Masela menyentuh kesejahteraan masyarakat lokal.

"Kami mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo yang telah memutuskan pengelolan blok Masela di darat, tetapi yang terpenting adalah kehadiran kilang gas tersebut dapat menyentuh kebutuhan dasar masyarakat setempat," kata Komisaris Daerah PMKRI Maluku, Tarsisius Sarkol, di Ambon, Kamis (24/3/2016).

Menurut dia, keputusan Kepala Negara telah menjawab aspirasi masyarakat Maluku yang menginginkan kilang gas abadi berada di darat.

Keputusan tersebut harus ditindakanjuti pemerintah pusat, provinsi Maluku dan kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) serta Maluku Tenggara Barat (MTB) terkait penyiapan infrastruktur pendukung.

"Pemerintah daerah seharusnya memprioritaskan kebutuhan masyarakat setempat seperti akses jalan raya, jalan setapak, pelayanan kesehatan, pendidikan, kebutuhan air bersih, penerangan jalan serta kebutuhan dasar lainnya," katanya.

Tarsisius menyatakan, sebelum blok Masela resmi beroperasi, pemerintah diminta untuk segera menjawab kebutuhan masyarakat di sekitar area pengelolaan kilang gas tersebut.

"Jangan sampai pengelolaan blok Masela berjalan seluruh infrastruktur pendukung belum rampung. Hal ini akan membawa dampak negatif bagi masyarakat setempat," ujarnya.

Selain itu pemerintah juga diminta untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dalam bidang minyak dan gas, dengan cara memberikan kesempatan bagi anak daerah mengikuti pendidikan.

"Putra-putri daerah harus diberikan kesempatan untuk mengikuti pendidikan perguruan tinggi melalui bantuan pendidikan atau beasiswa. Hal ini penting agar kita tidak dikuasai orang luar terutama pihak asing," tandasnya.

PMKRI juga mempertegas penguasaan negara terhadap investasi blok Masela, jika dimungkinkan Maluku menerima saham 50 persen.

"Kami mendorong penguasaan kepemilikan saham terhadap investasi blok Masela 50 persen, di mana sisa saham akan dibagi kepada BUMN dan pemerintah setempat," kata Tarsisius.

Ditambahkannya, pernyataan tersebubt disampaikan sebagai bentuk sikap PMKRI atas kondisi masyarakat Maluku, dan menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah pusat dan daerah dalam pengeloaan blok Masela bagi kesejahteraan masyarakat.
Blok Masela 9171784351701174247

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang