Lampu Bandara Rar Gwamar Dobo Dirusak OTK | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Lampu Bandara Rar Gwamar Dobo Dirusak OTK

Januaris Seralurin
BERITA MALUKU. Lampu penerbangan bandara atau Airfield Lighting System (AFL) yang biasa dipakai saat malam atau saat cuaca buruk milik Bandara Rar Gwamar Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, dirusak Orang Tak Dikenal (OTK). 
 
Tak tanggung-tanggung lampu seharga miliaran rupiah yang dirusaki OTK itu semuanya berjumlah lima buah lampu. 
 
Kasus perusakan asset bandara Rar Gwamar Dobo ini tak pelak membuat Kepala Bandara, Januaris Seralurin meradang. 
 
Seralurin mengaku sudah melaporkan ke pihak kepolisian setempat untuk mengusut kasus perusakan lampu tersebut, dan secepatnya menyeret pelaku yang tak bertanggungjawab tersebut untuk diproses secara hukum. 
 
Lima lampu bandara yang biasa digunakan saat malam maupun pada saat cuaca buruk dirusak orang tak dikenal dengan cara dipatahkan. Ini tentunya suatu tindakan yang sangat disayangkan,” ujar Seralurin kepada Berita Maluku online di ruang kerjanya, Jumat (18/3/2016). 
 
Dia mengaku kesal sebab asset berharga ini untuk kepentingan umum, namun teganya dirusaki begitu saja oleh OTK tanpa alasan jelas, apalagi harga lampu ini tak murah, bisa mencapai nilai miliaran rupiah, dimana fungsinya dapat menerangi kawasan lalulintas penerbangan (KLP) pada malam hari maupun di saat cuaca memburuk pada saat pendaratan. 
 
Dikatakan, berkembangnya suatu daerah, dapat dilihat dari bandara yang ada di daerah itu, untuk itu asset seperti ini perlu dipelihara, dijaga ataupun melindungi sebab keberadaan asset negara di suatu wilayah memiliki penilaian khusus dari pemerintah pusat terhadap daerah. 
 
Terlepas dari itu, Seralurin mengaku selama ini areal bandara Rar Gwamar Dobo belum dipagari secara keseluruhan sehingga diduga timbul aksi kriminal oleh warga dengan cara merusak asset bandara tersebut. 
 
Dia mengatakan dengan adanya peristiwa tersebut, maka pihaknya dalam waktu dekat akan membangun pagar secara keseluruhan untuk melindungi aset-aset yang ada dalam bandara, dan lebih dari pada itu, pihaknya akan lebih meningkatkan integritas dan mengutamakan pelayanan yang baik kepada masyarakat agar dapat bersaing dengan bandara-bandara yang lain di tanah air. 
 
Seralurin menghimbau kepada warga Dobo lebih khusus kepada mereka yang bermukim di areal yang berdekatan dengan bandara dapat membantu pihak bandara untuk mengawasi siapapun yang ingin merusak property milik negera tersebut dan juga bila mana terdapat hewan peliharaan yang masuk ke kawasan bandara supaya dicegah mengingat bandara ini merupakan sarana publik yang perlu dilindungi. (i/e)
Daerah 3245582347140566930

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang